Dies natalis UNP ke 66, tema membangun SDM unggul untuk Indonesia maju di tengah pandemi

id UNP, rektor,dias natalis,indonesia maju, ke-66

Dies natalis UNP ke 66, tema membangun SDM unggul untuk Indonesia maju di tengah pandemi

Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D saar menghadiri webinar bersama BSANK di Padang, Selasa (13/10). (Antara/ist)

Padang (ANTARA) - Universitas Negeri Padang (UNP), Sumatera Barat pada Dies Natalis ke-66 mengangkat tema Membangun SDM Unggul untuk Indonesia Maju di Tengah Pandemi yang direncanakan diperingati pada setiap 23 Oktober 2020.

Prof. Genefri, Ph.D di Padang, Selasa (13/10) mengatakan bahwa secara resmi pendirian (dies natalis) UNP ditetapkan pada tanggal 23 Oktober 1954. Perubahan yang dilalui UNP dapat diklasifikasikan dalam enam periode, yaitu Periode PTPG Batusangkar (1954 - 1956), Periode FKIP Unand Bukittinggi di Batusangkar (1956 - 1958), Periode FKIP Unand Padang (1958 - 1964), Periode IKIP Jakarta Cabang Padang (1964 - 1965), Periode IKIP Padang (1965-1999), dan Periode IKIP Padang menjadi Universitas Negeri Padang (1999 s/d sekarang).

Ia mengatakan Keputusan Presiden Nomor 093 Tahun 1999 tentang penugasan perluasan mandat (wider mandate) IKIP Padang menjadi Universitas Negeri Padang (selanjutnya disingkat UNP) memberikan tugas untuk menyelenggarakan tri darma perguruan tinggi dalam spektrum yang lebih luas di bidang ilmu non-kependidikan di samping tetap mengembangkan ilmu kependidikan sebagai tugas utama (core competency).

"Perjuangan yang sangat kuat dan gigih oleh para pendiri dan pengembang UNP telah dilewati dengan proses yang sangat panjang patut dipahami dan dimaknai oleh seluruh sivitas akademika UNP," jelasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan salah satu cara untuk kembali mengingat perjuangan tersebut dan memaknai nilai-nilai penting yang terkandung didalamnya adalah melalui kegiatan Dies Natalis. Kegiatan Dies Natalis merupakan sebuah kegiatan yang penting bagi seluruh sivitas akedemika UNP.

Rektor berharap melalui kegiatan Dies Natalis ini sivitas akademika UNP dapat memahami Kembali akan pentingnya menghargai dan memaknai sebuah perjuangan dalam mendirikan sebuah instansi/Lembaga universitas dan meningkatkan silaturahmi diantara sesama sivitas akademika.

Kemudian lanjutnya sebagai perguruan tinggi dengan akreditasi A dan mahasiswa terbanyak akan selalu berusaha meningkatkan fasilitas layanan prima demi melahirkan lulusan-lulusan yang unggul dan bermartabat.

"Ditengah pandemi COVID-19 UNP tetap melakukan kegiatan-kegiatan akademik dan eksrakurikuler dengan menyesuaikan kondisi terkini," tuturnya.

Sementara itu Ketua panitia Dies Natalis ke-66 Dr. Yulkifli, M.Si sekaligus Dekan FMIPA menyampaikan bahwa tahun ini kegiatan Dies mengangkat tema Membangun SDM Unggul untuk Indonesia Maju di Tengah Pandemi.

Ia mengatakan kegiatan tersebut akan berlangsung selama bulan Oktober-November 2020 dengan berbagai kegiatan. Kegiatan utama akan dilakukan bertepatan dengan tanggal Dies UNP ke 66 yaitu 23 Oktober 2020 dengan orasi ilmiah oleh Menkopolhukam RI Prof. Dr.Mohammad Mahfud MD., S.H., S.U., M.I.P dan Pidato Dies oleh Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D.

"Kegiatan lainnya adalah Bedah buku, Pemberian penghargaan kepada Dosen dan Tendik, Prodi, Jurusan dan Fakultas dengan kinerja terbaik, Anjangsana ke tempat-tempat bersejarah yang terkait dengan UNP, beberapa kegiatan kemahasiswaan dan olahraga sepeda santai. Semua kegiatan akan dilakukan dengan memperhatikan SOP COVID-19," tutupnya.