Pemkot Solok gelar rapat koordinasi tanggap bencana Payo

id Solok, rakor, wako, wawako, bkd

Pemkot Solok gelar rapat koordinasi tanggap bencana Payo

Sekretaris Daerah Solok Syaiful A memimpin rapat koordinasi tanggap bencana Payo. (Antara/Ist)

Solok (ANTARA) - Pemerintah kota dalam hal ini diwakili Sekretaris Daerah Kota Solok Syaiful A didampingi para Asisten Sekda memimpin rapat koordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait menyikapi situasi daerah akibat cuaca ekstrim akhir-akhir ini, yang bertempat ruang rapat Wako.

Sekretaris Daerah Kota Solok Syaiful A, di Solok, Jumat mengatakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait telah berupaya sejak semalam dalam menyikapi situasi daerah terutama kondisi yang menimpa Payo, Kelurahan Tanah Garam, Kecamatan Lubuk Sikarah, Kota Solok yang terdampak akibat cuaca ekstrim yakni tanah longsor.

"Terimakasih kepada kawan-kawan OPD yang telah bergerak cepat sejak semalam menyikapi situasi di Payo, Kita berdoa hari ini tidak hujan sehingga kondisi alam disana tidak semakin membahayakan masyarakat" ungkap Syaiful.

Ia juga menginstruksikan seluruh OPD yang telah mulai semalam agar tetap memberikan perhatian sesuai kewenangan masing-masing.

Ia mengingatkan Dinas Kesehatan Kota Solok di tengah pandemi COVID-19 ini tetap mengingatkan penanganan bencana alam dengan memperhatikan protokol kesehatan baik orang-orang ke lokasi dan terutama warga disana.

"Dinas kesehatan agar perhatikan protokol kesehatan masyarakat kita di Payo terutama di Penampungan, jika ada kurang tolong sikapi segera, disamping juga memperhatikan kondisi kesehatan masyarakat" ingat Sekda.

Selain itu, OPD teknis Syaiful juga ingatkan untuk segera tindak lanjuti hasil peninjauan lapangan semalam guna melaksanakan upaya kongkrit dalam penanganan bencana alam Payo.

"Semalam kan OPD terkait sudah meninjau kelapangan, jadi saya harapkan siapkan segera upaya kongkrit yang menjadi kewenangan OPD dalam penanganan bencana ini. Jika perlu cek lagi hari ini ke lokasi. Pagi ini pak Wakil didampingi Kadinsos dan Kalaksa juga ke lokasi" tutur Sekda.

Hadir dalam rapat diantaranya Kepala Dinas PUPR, Kepala Dinas Kesehatan, Camat se Kota Solok, Kepala Kantor Kesbangpol, Kabag Kesra, BKD, Kominfo, Dinas Sosial, BPBD. (*)