Peran prodi TP UNP dalam pembelajaran online di masa COVID-19, dikupas dalam webiner

id UNP, prodi teknologi, pendidikan, webiner, luring, daring, online

Peran prodi TP UNP dalam pembelajaran online di masa COVID-19, dikupas dalam webiner

Program Studi FIP UNP gelar webiner kupas pembelajaran online yang diikuti 3000 pesera se-Indonesia (Ist)

Padang (ANTARA) - Pandemi COVID-19 yang telah melanda Indonesia selama empat bulan belakangan ikut mengubah pola pembelajaran di lembaga pendidikan dari yang awalnya menggunakan metode luar jaringan (luring) atau tatap muka menjadi dalam jaringan (daring) atau tatap maya.

Menyikapi hal tersebut, Program Studi (Prodi) Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang, sebagai salah satu prodi yang fokus di bidang desain, pengembangan dan evaluasi pembelajaran, mengangkatkan webinar nasional yang diberi tema "Inovasi dan Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Layanan Pembelajaran Berbasis Online di Masa Pandemi Covid-19", di Padang, Kamis.

Kegiatan yang dilaksanakan melalui media aplikasi zoom dan kanal youtube UNP video streaming ini diikuti oleh lebih dari 3.000 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Rektor Universitas Negeri Padang, Prof. Ganefri, Ph.D., saat membuka acara, menyambut baik kegiatan positif ini karena relevan dengan kebutuhan pada masa sekarang, khususnya berkaitan dengan pembalajaran online.

Prof. Ganefri, Ph.D berharap, agenda ini dapat menjadi sarana untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat untuk memaksimalkan potensi dari proses pembelajaran daring dan menciptakan inovasi-inovasi yang berkaitan dengan konsep pembelajaran online yang sesuai dengan instructional design yang memenuhi landasan filosofi dalam pembelajaran.

Selain Rektor UNP, webinar ini juga dihadiri oleh Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan, Prof. Dr. Rusdinal, M.Pd., Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, Adib Alfikri, SE., M.Si., dan Syafaruddin Azhar, sebagai perwakilan dari Prenada Media Group, serta Ketua Prodi Teknologi Pendidikan FIP UNP, Dr. Abna Hidayati, M.Pd.

Ada lima narasumber yang diundang untuk menyampaikan materi-materi yang berhubungan dengan Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran di Era Tatanan Kehidupan Baru.

Penyampaian materi webinar diselenggarakan dalam dua sesi, yang dibuka oleh Dr. Uwes A. Chaeruman, M.Pd., dari Universitas Negeri Jakarta membahas tentang Blended Learning dalam Masa Covid-19 dan New Normal.

Sesi pertama juga diisi oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat yang menyampaikan tentang kebijakan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat dalam Pembelajaran Berbasis Online.

Sedangkan pada sesi kedua, Prof. Dr. Mustaji, M.Pd., dari Universitas Negeri Surabaya berbagi materi mengenai Penelitian Tindakan Kelas untuk Penilaian Angka Kredit Guru dalam Pembelajaran Daring.

Kemudian diikuti oleh Prof. Dr. Alwen Bentri, M.Pd dari Program Studi Teknologi Pendidikan FIP UNP menyampaikan materi tentang Critical Issues dalam Perubahan Kurikulum di Indonesia. Dr. Darmansyah, M.Pd., yang juga dari UNP berbagi pandangan mengenai Inovasi Pembelajaran di Era Covid-19 dan New Normal.

Bagi pembaca yang tertarik ingin menonton kembali siaran ulang dari webinar nasional Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP UNP, dapat mengakses kanal Youtube UNP Video Streaming.
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar