Ditengah pandemi COVID-19 perpustakaan LLDIKTI Wilayah X tetap buka untuk layani dosen dan mahasiswa

id berita padang,berita sumbar, LLDIKTI X, perpustakaan, mahasiswa, dosen

Ditengah pandemi COVID-19 perpustakaan LLDIKTI Wilayah X tetap buka untuk layani dosen dan mahasiswa

Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof Herri (kiri). (Istimewa)

Saat pandemi COVID-19, layanan perpustakaan LLDIKTI Wilayah X tetap dibuka, namun mulai pukul 08.30 WIB sampai 12.00 WIB,
Padang (ANTARA) - Meski saat ini tengah terjadi pandemi penyakit Corona Virus Disaese (COVID-19) akibat mewabahnya virus corona, namun perpustakaan milik Lembaga Layanan Perguruan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah X (Sumbar, Jambi, Riau, Kepulauan Riau) tetap buka untuk melayani kebutuhan buku bagi para dosen dan mahasiwa.

Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof Herri di Padang, Rabu, mengatakan, saat pandemi COVID-19, layanan perpustakaan LLDIKTI Wilayah X tetap dibuka, namun mulai pukul 08.30 WIB sampai 12.00 WIB.

Menurutnya perpustakaan itu hanya melayani pengembalian buku dan perpanjangan peminjaman buku. Kemudian jika terjadi keterlambatan pengembalian buku, untuk sementara waktu tidak dikenakan denda.

Kemudian, tambahnya dalam rangka mengurangi kontak langsung untuk layanan pengembalian buku, anggota perpustakaan diharuskan untuk meletakkan buku yang akan dikembalikan di dalam box yang telah disediakan di depan pintu perpustakaan dengan meninggalkan informasi berupa nama lengkap anggota atau nomor anggota perpustakaan.

Ia mengatakan LLDIKTI Wilayah X juga mempunyai program seperti Praktikum Laboratorium Mobile.

Laboratorium Mobile bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa PTS khususnya di bidang praktikum dan analisis.

Ia menjelaskan LLDIKTI Wilayah X menyediakan perpustakaan itu untuk memberikan pelayanan dan kemudahan terhadap perguruan tinggi swasta (PTS) yang terdapat di wilayah tersebut.

Prof Herri menambahkan perpustakaan tersebut bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi setiap dosen dan mahasiswa yang hendak melakukan praktik dan penelitian di perkuliahan.

"Salah satu keunikan di LLDIKTI Wilayah X yakni selain memiliki Laboratorium juga memiliki perpustakaan sendiri yang sudah sejak lama didirikan dan bisa digunakan oleh dosen dan mahasiswa di wilayah tersebut untuk membantu saat melakukan penelitian dan perkuliahan," kata dia.

Menurutnya perpustakaan dan laboratorium sangat dibutuhkan bagi perguruan tinggi swasta untuk melakukan praktik dan penelitian, sehingga LLDIKTI Wilayah X berupaya untuk memfasilitasinya.

Selain untuk perguruan tinggi swasta, bagi dosen atau mahasiswa dari perguruan tinggi negeri yang ingin meminjam buku ke perpustakaan LLDIKTI Wilayah X juga bisa. Akan tetapi harus mengajukan surat kerjasama, kata dia.

"Persyaratannya cukup mengajukan surat kerjasama ke petugas perpustakaan di LLDIKTI supaya terakomodir," ujarnya.