Payakumbuh surplus beras

id produksi beras payakumbuh,riza falepi,kota payakumbuh

Payakumbuh surplus beras

Wali Kota Payakumbuh Riza Falepi saat pelaksanaan panen bersama triwulan I. (ANTARA/HO)

​​​​​​​Payakumbuh (ANTARA) - Wali Kota Payakumbuh, Sumatera Barat Riza Falepi mengatakan produksi padi di daerah itu mencapai 39.800 ton, melebihi konsumsi warga daerah tersebut sebanyak 14.590 ton beras dalam satu tahun

Riza di Payakumbuh, Selasa mengatakan pada 2019 jumlah produksi padi Payakumbuh sebesar 39.800 ton atau setara 22.125 ton beras.

"Jumlah ini sudah melebihi kebutuhan konsumsi seluruh masyarakat kota Payakumbuh. Dengan total jumlah panen keseluruhan tersebut, hanya 66 persen atau 14.590 ton beras yang digunakan untuk konsumsi masyarakat Payakumbuh," ujarnya.

Untuk petani yang masih dalam produksi, diminta untuk selalu dapat menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi yang bergizi.

"Kami juga akan turun tangan langsung untuk membantu petani tentunya, agar proses produksi pangan Kota Payakumbuh dapat selalu tetap terjaga," sebutnya.

Tahun ini, katanya agar selalu dapat mempertahankan dan menjaga ketersediaan pangan di Kota Payakumbuh, Pemerintah Kota telah membuat rancangan Peraturan Daerah tentang Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (LP2B).

Dengan adanya Perda tersebut, jumlah lahan pertanian di Payakumbuh yang mencapai 1.750 hektare tidak terus berkurang.

"Sehingga ada lahan-lahan yang diperuntukkan untuk pertanian abadi sebagai penghasil beras kedepannya," sebutnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Payakumbuh Depi Sasra mengatakan jika di triwulan I tahun 2020 produksi padi sebanyak 9.717 ton.

“InsyaAllah, ditambah nantinya dengan produksi triwulan II-IV tahun 2020, stok kita masih akan mencukupi untuk kebutuhan seluruh warga kita," ujarnya. (*)