Solok Selatan bagikan 50 ribu masker produksi UMKM

id masker,masker umkm,solok selatan,covid-19,virus corona

Solok Selatan bagikan 50 ribu masker produksi UMKM

Camat Pauh Duo Bujang Basri memakaikan masker produksi UMKM kepada Wali Nagari Pauah Duo dan selanjutnya pihak nagari akan membagikan pada masyarakat (ANTARA/HO)

Padang Aro (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat membagikan 50 ribu masker produksi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) kepada masyarakat sebagai salah satu upaya mencegah penularan virus Corona.

"Hari ini sebanyak 50 ribu masker produksi UMKM lokal didistribusikan melalui kecamatan-kecamatan yang selanjutnya dibagikan ke nagari dan masyarakat," ujar Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang juga sekretariat Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Richi Amran di Padang Aro, Selasa.

Dia menjelaskan awalnya masker tersebut akan dibagikan di titik-titik keramaian, namun mengingat efektivitas dan pemerataan, akhirnya dilakukan melalui kecamatan, yang selanjutnya agar juga dapat didistribusikan hingga nagari.

Selain itu masker ini juga diberikan kepada petugas yang saat ini sedang melaksanakan aktivitas di lapangan.

Pembuatan masker dengan memanfaatkan produksi UMKM, katanya dilaksanakan sesuai arahan ketua gugus tugas yang juga Plt. Bupati Abdul Rahman.

Dia menambahkan ke depan pembuatan masker bisa saja terus diproduksi sembari melihat situasi dan kondisi penanganan COVID-19.

Sebelumnya, Pelaksana tugas Bupati Solok Selatan Abdul Rahman mengimbau agar masyarakat menggunakan masker ketika beraktivitas guna mencegah penularan wabah virus corona.

Pemerintah daerah mengimbau masyarakat menjaga jarak dan tetap di rumah karena perlu disosialisasikan secara masif.

Semua pihak katanya, baik kecamatan, nagari, dan seluruh ASN harus jadi relawan dan panutan di tengah masyarakat.

"Tugas kita semua bagaimana pesan ini sampai ke tingkat bawah," ujarnya.