Putus mata rantai penyebaran virus Corona, Gerindra Solok Selatan semprotkan disinfektan

id gerindra solok selatan,virus corona,cegah covid-19,disinfektan

Putus mata rantai penyebaran virus Corona, Gerindra Solok Selatan semprotkan disinfektan

Tangkapan layar Relawan Gerakan Indonesia Raya Solok Selatan menyemprotkan disinfektan. (ANTARA/HO-instagram)

Padang Aro, (ANTARA) - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra Solok Selatan, Sumatera Barat, melakukan penyemprotan disinfektan di fasilitas umum dalam menekan penyebaran Virus Corona jenis baru atau COVID-19 di daerah itu.

"Ini instruksi dari pusat (DPP) ke daerah (DPD dan DPC) melalui Relawan Indonesia Raya untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona, khususnya di Solok Selatan," Ketua DPC Gerindra Solok Selatan Armen Syahjohan di Padang Aro, Selasa.

Penyemprotan disinfektan yang dilakukan di fasilitas umum, seperti rumah ibadah, sekolah, dan tempat umum yang biasa ramai dikunjungi warga Ruang Terbuka Hijau serta rumah warga telah dilakukan sejak seminggu yang lalu.

Tim DPC Gerindra Solok Selatan setidaknya telah melakukan penyemprotan disinfektan di tiga kecamatan, yakni Sungai Pagu, Koto Parik Gadang Diateh, dan Pauh Duo. Bahkan hingga di daerah cukup jauh dari pusat daerah, seperti Simancung.

"Kami upayakan ke semua kecamatan yang ada. Kami juga menerima permintaan dari masyarakat," ujarnya.

Selain melakukan penyemprotan disinfektan, sebutnya tim DPC Gerindra juga memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya, cara penyebaran dan bagaimana menangkal virus tersebut agar tidak menular sebagai bentuk pencegahan.

"Kami juga memberikan sosialisasi tentang COVID-19 ini," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Solok Selatan Novirman menyebutkan pemerintah setempat melalui sejumlah organisasi perangkat daerah juga masih melakukan penyemprotan disinfektan seperti Badan Penanggulangan Bencana, Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup.

"Polri melalui Polres Solok Selatan juga menyemprotkan disinfektan. Kalau ada permintaan dari masyarakat akan kami semprot," ujarnya.

Masyarakat, katanya bisa membuat sendiri disinfektan karena bahannya mudah ditemukan seperti Bayclin, Wipol, SOS. (*)