Ada 'jalan pariwisata 1001 lubang' di Solok, ini tanggapan legislator

id dprd solok,fraksi gerindra,jalan rusak,alahan panjang

Ada 'jalan pariwisata 1001 lubang' di Solok, ini tanggapan legislator

Ketua Fraksi Gerindra DPRD Kabupaten Solok Hafni Hafiz (ANTARA/HO-Dokumen Pribadi)

Solok (ANTARA) - Legislator Kabupaten Solok, Sumatera Barat Hafni Hafiz mendesak pemerintah daerah (Pemda) setempat untuk memprioritaskan dan segera memperbaiki jalan-jalan yang rusak di daerah itu.

"Jalan merupakan salah satu sarana transportasi yang sangat berpengaruh terhadap aktivitas masyarakat. Untuk itu perlu adanya pemerintah setempat segera merealisasikan perbaikan di setiap jalan-jalan yang rusak," ujar Ketua Fraksi Gerindra itu di Solok, Senin.

Salah satu akses jalan di Kabupaten Solok yang termasuk rusak parah dan mesti segera diperbaiki ialah di jalan Taratak Galundi, Nagari Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti.

Bahkan sebelumnya, warga di Jorong Taratak Galundi, Nagari Alahan Panjang itu berani memasang spanduk yang bertuliskan 'Selamat Datang di Jalan Pariwisata 1001 Lubang' di salah satu ruas jalan di kawasan itu serta diunggah di salah satu akun sosial media.

Pemasangan spanduk bernada sindiran itu dilakukan warga dengan tujuan untuk mengkritik pemerintah setempat serta berharap supaya jalan itu segera diperbaiki.

Menanggapi hal itu, Hafni Hafiz yang juga selaku Ketua Tim Perumus RAPBD tahun 2023 waktu itu mengatakan DPRD Kabupaten Solok bersama Pemda setempat telah sepakat memprioritaskan penggunaan anggaran untuk perbaikan jalan kabupaten dalam rapat pembahasan RAPBD tahun anggaran 2023.

"Jalan Taratak Galundi termasuk salah satu yang rusak berat dan jalan ini sudah masuk dalam daftar untuk segera diperbaiki pada tahun 2023 ini," kata dia.

Kendati demikian ia kembali mendorong pemerintah daerah untuk segera merealiasikan perbaikan jalan di Taratak Galundi tersebut agar segera diperbaiki di tahun ini.

Untuk itu ia berharap dengan dibangunnya infrastruktur jalan yang memadai dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa terbangunnya infrastruktur jalan yang memadai juga dapat memudahkan masyarakat dalam menjangkau akses kesehatan, perekonomian, dan lain sebagainya.

Sebelumnya para wali nagari telah mengusulkan jalan-jalan kabupaten yang menjadi prioritas untuk diperbaiki pada tahun 2023 saat Rapat Koordinasi Pembangunan (RAKORBANG) Tahun 2023 di gedung Solok Nan Indah.

Seperti halnya jalan Lingkar Tanjung Bingkung - Koto Sani, Jalan Muaro Paneh – Cupak, Jalan Bukit Kandung - Tanah Datar, Jalan Tarung-Tarung - Bukit Bais, Jalan Sungai Lasi- Pianggu, Jalan Taratak Galundi- Alahan Panjang, Jalan Bukik Sileh - Kubang Nan Duo (Koto Laweh).

Jalan Rangkiang Luluih – Samiso, Jalan Titian Panjang - Koto Baru, Jalan Koto Gadang- Koto Gaek, Jalan Sariak Alahan 3 - Talang babungo, Jalan limau lunggo - batu banyak, Jalan Bukit Bais - Sungai Durian, Jalan indudur- sungai lasi, Jalan panyakalan – gaung, Pngerasan jalan surian- lubuak rasam, Jalan dan jembatan sawah kandang, Jalan guguak jariang – panyakalan.