UNP terapkan perkuliahan jarak jauh antisipasi corona

id berita padang, berita sumbar, unp, universita negeri padang

UNP terapkan perkuliahan jarak jauh antisipasi corona

Rektor Universitas Negeri Padang Prof Ganefri. (Antara/Humas)

Padang, (ANTARA) - Universitas Negeri Padang (UNP) Sumatera Barat mengeluarkan surat edaran bagi civitas akademika untuk menerapkan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sebagai bagian antisipasi penyebaran virus corona atau COVID-19 di lingkungan kampus.

“Ini berlaku selama satu bulan 16 Maret sampai 17 April 2020, namun tidak tertutup kemungkinan akan diperpanjang,” kata Rektor Universitas Negeri Padang, Prof. Ganefri saat dihubungi Antara, Sabtu.

Ia menjelaskan dalam surat edaran yang dikeluarkan tersebut, PJJ berlaku bagi seluruh jenjang pendidikan D3, D4, S1, Profesi, S2 dan S3 dimana seluruh perkuliahan dilakukan dengan sistem daring atau online lewat platform elearning UNP sehingga dapat mengurangi kontak fisik secara langsung.

Selain itu dalam edaran tersebut, perkuliahan pratikum di laboratorium bengkel dan sejenisnya disarankan diganti dengan penugasan atau media lainnya. Poin lain dari edaran itu juga menganjurkan tenaga kependidikan dan tenaga pendidik yang kurang sehat untuk tidak datang ke kampus.

Namun untuk pelaksanaan bimbingan tugas akhir, baik itu skripsi, tesis disertasi dan sejenisnya tetap dilakukan seperti biasa, tapi dilakukan dengan menerapkan kewaspadaan dan prinsip pencegahan Covid 19.

Ganefri juga menyebutkan, pihaknya menginstruksikan untuk menunda seluruh pertemuan atau seminar yang melibatkan peserta internasional ataupun kegiatan yang mengumpulkan massa yang banyak, termasuk aktivitas di Pusat Kegiatan Mahasiswa juga ditiadakan sampai pemberitahuan selanjutnya.

“Ada beberapa agenda internasional yang sementara ini kami tunda dulu pelaksanaannya, sampai adanya instruksi dari pihak kementerian,” katanya.

Ia juga melarang seluruh civitas akademika UNP untuk melakukan perjalanan keluar negeri, dan tidak merekomendasikan civitas UNP melakukan perjalanan keluar daerah.

“Untuk pelayanan administrasi dan layanan umum kepada masyarakat tetap berjalan seperti biasa, dan membatasi kerumunan dan tetap waspada,” katanya.

Ia mengimbau seluruh civitas UNP agar tidak panik dan selalu melakukan tindakan pencegahan penularan penyakit, pola hidup bersih, dan meniga kondisi tubuh agar selalu sehat.