BP JAMSOSTEK sosialisasi ke badan usaha nagari di Tanah Datar (Video)

id BP Jamsostek, nagari, BumNag, Bukittinggi, Batusangkar, Sumbar

BP JAMSOSTEK sosialisasi ke badan usaha nagari di Tanah Datar (Video)

Sosialisasi program BPJS ketenagakerjaan dan perisai terhadap BumNag di Kabupaten Tanah Datar di Batusangkar. (Antara/Etri Saputra)

Batusangkar (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan memberikan sosialisasi dan edukasi kepada wali nagari dan pengelola BdanUsaha Milik Nagari (BumNag) di Tanah Datar guna para pekerjayang dilibatkan mendapat perlindungan sosial dalam bekerja.

"Karena didalam kegiatan BumNag juga terdapat kegiatan yang berisiko yang dialami pekerja serta memberikan perlindungan kepada semua usaha mikro dengan jaminan kepesertaan BPJS ketenagakerjaan," kata Direktur Kepesertaan BP Jamsostek E Ilyas Lubis di Batusangkar Kamis.



Hal itu dikatakan E Ilyas Lubis pada sosialisasi program BPJS ketenagakerjaan dan perisai terhadap BumNag di Kabupaten Tanah Datar di Batusangkar.

Ia mengatakan pihaknya gencar melakukan sosialisasi terkait program dan manfaat yang dimiliki melalui empat program jaminan, jaminan kecelakaan kerja, jaminan hari tua, jaminan kematian, dan jaminan pensiun.

Oleh karena itu, pihaknya mengimbau kepada para pengelola BumNag dan perusahaan lainnya di Tanah Datar yang belum mendaftarkan diri bagi pekerjanya untuk segera memberikan hak para pekerja dengan mendaftar ke BPJS Ketenagakerjaan.

"Kita yakin seratus persen dengan upaya dan dukungan yang diberikan pemerintah daerah setempat bisa mencapai seratus persen," katanya.
Pemberian santunan kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan. (Antara/Etri Saputra)
Pada kesempatan yang sama ia juga menjelaskan mengenai agen perisai BPJS ketenagakerjaan, yakni sebuah mekanisme keagenan dalam mengakuisisi pekerja agar mendapatkan perlindungan dari program jaminan Bp Jamsostek.

Melalui sistem keagenan tersebut, BPJS Ketenagakerjaan berupaya untuk memperluas cakupan kepesertaan anggota dan pekerja informal atau bukan penerima upah dan UMKM.

"Agen perisai memiliki tugas mulia, keterbatasan kami dalam menjangkau pekerja yang berada di luar jangkauan dapat diakomodir melalui perisai, dengan begitu perlindungan menyeluruh bagi seluruh pekerja di Indonesia dapat tercapai," katanya.

Ia mengharapkan BumNag di Tanah Datar dapat bergabung menjadi anggota perisai agar cita-cita luhur memberikan perlindungan kepada seluruh pekerja dapat ttercapai
Direktur Kepesertaan BP Jamsostek E Ilyas Lubissedang wawancara. (Antara/Etri Saputra)


Sementara Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Bidang Kepesertaan Program Khusus Achmad Hafiz, mengatakan sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan bertujuan menyelaraskan sebuah momentum bersama dengan pemerintah pusat dalam memberikan kebaikan dan perlindungan kepada semua usaha mikro atau BumNag.

Program tersebut juga bertujuan menjamin hak warga negara untuk mempertahankan harkat dan martabat dalam ketenagakerjaan serta bentuk-bentuk menggalakkan pembangunan dari pinggiran program presiden Jokowi.

Sementara Asisten III Helfy Rahmi Harun mewakili Bupati Tanah Datar mendukung secara penuh terkait memberikan jaminan ketenagakerjaan kepada masyarakat di daerah setempat.

Pemda juga mengeluarkan surat edaran bupati tentang ketenagaerjaan, diharapkan kepada perusahaan milik nagari dapat memperhatikan kesejahteraan bagi ppekerjanya.

Foto bersama usai sosialisasi BP Jamsostek kepada wali nagari dan pengelola BumNag di Tanah Datar. (Antara/Etri Saputra)
Pewarta :
Editor: Siri Antoni
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar