420 peserta ikuti MTQ di Padang Panjang Barat

id Musabaqah Tilawatil Quran,MTQ Padang Panjang, Padang Panjang Barat

420 peserta ikuti MTQ di Padang Panjang Barat

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkot Padang Panjang Syahdanur membuka MTQ Nasional tingkat Kecamatan Padang Panjang Barat. (ANTARA/HO-Diskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang (ANTARA) - Sebanyak 420 peserta mengikuti kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke 39 tingkat Kecamatan Padang Panjang Barat, Sumatera Barat yang dibuk di Masjid Nurul Iman, Rabu.

"MTQ tingkat kecamatan ini menjadi ajang seleksi bagi qori dan qoriah terbaik di Padang Panjang Barat untuk ikut berlomba di tingkat kota hingga ke tingkat lebih tinggi," kata Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkot Padang Panjang Syahdanur di Padang Panjang, Rabu.

420 peserta mulai dari anak-anak, remaja dan dewasa dari delapan kelurahan di Kecamatan Padang Panjang Barat akan berlomba mulai hari ini hingga Kamis (27/2).

Cabang yang dilombakan di ajang tersebut yaitu tilawah, syahril, fahmil, tartil, tahfiz dan khutbah Jumat.

Selain untuk mempersiapkan qori dan qoriah terbaik, ajang tersebut juga untuk persiapan Padang Panjang yang akan menjadi tuan rumah MTQ Nasional tingkat provinsi yang digelar pada 2021.

Ditargetkan daerah berjuluk Serambi Mekah itu dapat meraih sukses dalam pelaksanaan, prestasi dan pertanggungjawaban di kegiatan tahun depan.

"Kami berharap Padang Panjang diwakili oleh qori dan qoriah asli dari daerah sehingga perlu persiapan seawal mungkin. Kami harap MTQ juga meningkatkan kecintaan pada Al Quran dan pengamalannya di keseharian," ujarnya.

Kepala Subbagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Padang Panjang Wahyu Salim mengapresiasi terselenggaranya MTQ Nasioanal tingkat Kecamatan Padang Panjang Barat yang dilaksanakan satu kali dalam dua tahun itu.

"Semoga MTQ ini mampu melahirkan generasi yang mencintai dan mengamalkan Al Quran yang berkontribusi menjadikan negeri baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur," pungkasnya.

Turut hadir Camat Padang Panjang Barat Fhandy Ramadhona, Kasubag Kesra Eri para lurah serta para tokoh masyarakat.