4.519 peserta ikuti tes SKD CPNS di Pesisir Selatan

id tes SKD CPNS,Pesisir Selatan

4.519 peserta ikuti tes SKD CPNS di Pesisir Selatan

Suasana tes SKD CPNS di gedung PCC Pesisir Selatan. (ANTARA/ist)

Painan, (ANTARA) - Sebanyak 4.519 peserta mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat yang digelar di gedung Painan Convention Centre (PCC) daerah setempat, Selasa.

"Dari peserta sebanyak itu hanya 159 orang yang akan diterima," kata Sekretaris Kabupaten Pesisir Selatan, Erizon saat memantau kegiatan.

Dalam kesempatan itu, Erizon juga didampingi Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) setempat, Yesfi Nawiarsih, Kepala Inspektorat setempat, Ahda Yanuar, dan pejabat Badan Pemeriksaan Keuangan dan Pembangunan Perwakilan Provinsi Sumatera Barat, Zumriyatun Laila.

Melalui seleksi ini, Erizon berharap peserta yang lolos memiliki kecakapan yang mumpuni sehingga mampu menjadi pendorong dalam mewujudkan daerah yang maju di masa mendatang.

Menurutnya, untuk menjaga kemurnian dan indepensi pelaksanaan seleksi panitia penyelenggara melibatkan berbagai pihak, baik internal baik eksternal.

"Artinya yang hadir dalam penyelenggaraan kegiatan ini kompleks sehingga kami bisa memastikan hasilnya sesuai dengan kemampuan masing-masing peserta," imbuhnya.

Selain itu, hasil seleksi diumumkan secara transparan dan bisa dilihat langsung oleh peserta atau pihak lainnya pada saat dan sesudah tes dilaksanakan.

Sementara Kepala BKPSDM Pesisir Selatan, Yesfi Nawiarsih mengatakan, jumlah peserta yang mengikuti seleksi kompetensi dasar sebanyak 4.519 peserta dari pendaftar yang berjumlah 5.453 orang.

Dari pendfatar tersebut, 4.403 orang dinyatakan lulus administrasi dan kemudian sebanyak 578 orang mengajukan sanggahan atas ketidaklulusannya.

Setelah masa sanggah akhirnya 116 orang dinyatakan lulus seleksi administrasi, sehingga jumlahnya menjadi 4.519 orang.

Karena jumlah peserta cukup besar maka pelaksanaan tes SKD akan berlangsung lima hari, setiap hari diikuti 1000 peserta, yang dibagi menjadi lima sesi, dimana masing-masing sesi sebanyak 200 peserta. (*)