Si Jain jadi maskot Pilkada 2020 di Padang Pariaman

id Si Jain,Pilkada 2020,Padang Pariaman,berita Padang Pariaman,Padang Pariaman terkini

Si Jain jadi maskot Pilkada 2020 di Padang Pariaman

Maskot Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Padang Pariaman, Sumbar 2020 Si Jain diperkenalkan kepada masyarakat di Gor Sungai Sariak, Kecamatan VII Koto, Minggu malam. (Antara Sumbar/Aadiaat M.S)

Parit Malintang, (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat menetapkan Si Jain sebagai maskot pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 di daerah itu.

"Si Jain ini berasal dari demokrasi jujur, adil dan berintegritas," kata Ketua KPU Padang Pariaman Zulnaidi di Parit Malintang, Senin.

Ia menyebutkan pada maskot tersebut setidaknya terdapat dua unsur yang melekat yaitu demokrasi dan kultural.

Si Jain berbentuk kotak suara memegang paku dan kertas suara dengan menggunakan pakaian adat Minangkabau serta memiliki topi berbentuk bagonjong yang merupakan ciri khas rumah gadang.

"Warna putih pada Si Jain memiliki makna kecerian dan kejujuran," katanya.

Pengenalan maskot tersebut kepada masyarakat dimulai malam tadi di Gor Sungai Sariak Kecamatan VII Koto yang sekaligus menyampaikan bahwa rangkaian Pilkada telah di mulai.

Ia mengatakan penetepan dan pengenalan maskot perlu dilakukan sebagai bentuk pemberitahuan kepada masyarakat bahwa rangkaian Pilkada telah dimulai.

Ia menyampaikan dengan rangkaian Pilkada telah dimulai maka masyarakat diminta untuk mengawasi tahapannya agar demokrasi jujur adil dan berintegritas.

Tidak saja itu, lanjutnya masyarakat juga diminta mengkritik tahapan serta mulai mempelajari karakter bakal calon bupati dan wakil bupati yang mengapung.

"Jangan di hari pemilihan saja tapi ikuti prosesnya karena ini menentukan nasib daerah lima tahun ke depan," ujarnya.

Ia menyampaikan pihaknya ingin menjadikan Pilkada 2020 menjadi pesta demokrasi yang berbeda dari yang sebelumnya.

"Kami mau Pilkada dikembalikan kepada pemiliknya yaitu rakyat, bukan peserta," kata dia

Cara untuk mengembalikannya, tambahnya yaitu rakyat ikut berpartisipasi mengawasi dan mengajak yang lainnya untuk berpartisipasi pada Pilkada yang dilaksanakan 23 September 2020.

Sementara itu, Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur mengatakan pihaknya mendukung penuh upaya yang dilakukan oleh KPU setempat untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

"Diharapkan informasi terkait Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Padang Pariaman dapat sampai ke seluruh warga," ujar dia.

Ia meminta seluruh elemen masyarakat untuk berpartisipasi menyukseskan Pilkada 2020 serta menjaga keamanan dan ketertiban selama proses pesta demokrasi tersebut berlangsung. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar