12 destinasi dan kuliner pilihan liburan di Padang Panjang

id pariwisata padang panjang,libur natal,libur tahun baru,kuliner padang panjang

12 destinasi dan kuliner pilihan liburan di Padang Panjang

Wisatawan Malaysia berfoto di depan PDIKM dengan kostum pengantin Minangkabau. (ANTARA/ Ira Febrianti)

Padang Panjang  (ANTARA) - Masa libur akhir tahun 2019 segera tiba dan Kota Padang Panjang di Sumatera Barat dapat menjadi salah satu pilihan daerah untuk dikunjungi oleh wisatawan karena setidaknya terdapat 12 destinasi wisata dan kuliner.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Padang Panjang Medi Rosdian di Padang Panjang, Selasa, mengatakan meski pemerintah setempat tidak menggelar acara khusus di akhir tahun namun 12 destinasi wisata dan kuliner itu dapat menjadi hiburan bagi pengunjung.

"Acara khusus akhir tahun tidak ada, namun ada pilihan kuliner, tiga destinasi wisata utama tiga destinasi pendukung dan wisata belanja," katanya.

Kuliner yang bisa dicicipi yaitu Sate Mak Syukur di Jalan Sutan Syahrir. Kuliner tersebut sudah cukup dikenal dan dicicipi oleh tidak hanya kepala daerah namun juga pejabat setingkat menteri hingga kepala negara.

Pilihan lainnya yaitu Rumah Makan Pak Datuak di Jalan Sutan Syahrir dengan menu unggulan dendeng batokok dan gulai tunjang, Pondok Baselo Baramas di kelurahan Ekor Lubuk dengan menu dendeng asap.

Sebagai teman perjalanan, wisatawan juga dapat membeli Risoles Kamboja yaitu risoles dengan aneka isi yang berlokasi di Jalan Haji Agus Salim.

"Empat restoran dan rumah makan itu selain punya menu andalan masing-masing, juga sudah mendapatkan penghargaan dari pemerintah karena kepatuhan membayar pajak," katanya.

Jika malam tiba, wisatawan dapat beralih ke Pasar Kuliner untuk "berburu" aneka masakan, jajanan atau minuman tradisional dan kekinian untuk memanjakan lidah.

Selain kuliner, objek wisata yang direkomendasikan oleh pemerintah setemat untuk dikunjungi yaitu Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM), Pemandian Lubuk Mata Kucing dan objek wisata air Minang Fantasi.

"Ketiganya merupakan objek wisata utama dan berbayar di sini. Masih ada destinasi pendukung yaitu Desa Wisata Kubu Gadang, Islamic Center dan Desa Wisata Religi Sigando," ujarnya.

Usai berlibur dan menikmati kuliner, wisatawan juga direkomendasikan membeli produk olahan kulit yang merupakan salah satu unggulan daerah tersebut.

Produk olahan kulit berupa jaket, sepatu, tas, topi dan ragam aksesoris lainnya bisa dibeli di Minang Kayo di Kelurahan Silaing Bawah.

"Meski tidak ada acara khusus mengisi liburan akhir tahun, kami harap 12 tujuan itu bisa memberi kepuasan tersendiri. Kuliner dengan cita rasanya, objek wisata dengan kekayaan sejarah dan keelokan alam, serta produk kerajinan," katanya.