Calon Panwacam Solok Selatan Ikuti Ujian CAT

id Panwascam,solokselatan

Calon Panwacam Solok Selatan Ikuti Ujian CAT

Sejumlah calon anggota Panwascam mengikuti ujian CAT yang dilaksanakan ileh Bawaslu bertempat di SMA 3 Solok Selatan. (ANTARA SUMBAR/Erik Ifansya Akbar)

Padang Aro (ANTARA) - Sebanyak 155 calon pengawas pemilu tingkat Kecamatan yang lulus administrasi di Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat mengikuti ujian Computer Assisted Test (CAT).

Kepala Sekretariat Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Solok Selatan Admi Munandar, di Padang Aro, Sabtu, mengatakan, ujian CAT bagi calon Panwascam dilaksanakan selama empat hari yaitu sejak Jumat hingga Senin (16/12) di SMA 3 Solok Selatan.

"Kendala di hari pertama yaitu pada sesi kedua terjadi masalah pada server Bawaslu sehingga peserta tidak bisa ujian dan jadwal mereka dupindahkan menjadi Minggu (15/12)," ujarnya.

Dia mengatakan, pada Jumat ada tujuh orang yang tidak datang dan empat diantara mereka yang menjadi korban banjir.

"Para korban banjir ini kami beri kompensasi yaitu ujian pada Minggu sedangkan bagi mereka yang tidak datang tanpa alasan yang jelas langsung gugur," ujarnya.

Setelah selesai ujian CAT calon panwascam langsung melaksanakan sesi wawancara setelah itu baru diumumkan siapa yang lulus.

Dia menjelaskan, dari 155 orang yang melaksanakan ujian hanya 21 orang yang akan diterima sebab kebutuhan per Kecamatan hanya tiga orang.

Kecamatan di Solok Selatan hanya ada tujuh sehingga kebutuhan Panwascam cuma 21 orang.

Sebelum melaksanakan ujian CAT pihak Bawaslu sudah nelakukan uji coba jaringan maupun listrik sehingga saat pelaksanaan tidak ada kendala sedangkan server langsung oleh Bawaslu RI.

Sebelumnya Kepala SMA Negeri 3 Solok Selatan Akmalu Rijal Putra mengatakan, pihaknya memiliki 70 unit komputer tetapi Bawaslu hanya meminta 40 unit untuk dua ruangan.

"Jaringan dan komputer di tempat kami tidak ada masalah dan pihak Provinsi juga sudah meninjau langsung kelokasi," ujarnya.(*)