Bawaslu Solok Selatan lantik Panwascam Pilkada serentak

id Bawaslu Solok Selatan

Bawaslu Solok Selatan lantik Panwascam Pilkada serentak

Ketua Bawaslu Solok Selatan Zul Nasri menyerahkan SK Panwascam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan wakil Bupati, di Padang Aro, Sabtu

Padang Aro (ANTARA) - Bawaslu Kabupaten Solok Selatan, Sumatra Barat melantik 21 orang Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk Pemulihan Kepala Daerah serentak 2024.

Ketua Bawaslu Solok Selatan Zul Nasri, di hotel pesona alam Sangir, di Padang Aro, Sabtu, berharap, Panwascam menjaga profesionalisme dan tanggung jawab dalam menjalankan tugas pengawasan pemilihan Kepala Daerah.

"Setelah dilantik tidak ada lagi waktu bagi Panwascam untuk bersantai sebab tahapan sudah berjalan dimana yang dalam waktu dekat akan dilaksanakan pendataan data pemilih," ujarnya.

Ia mengimbau, Panwascam agar berkoordinasi dengan stakeholder yang ada di Kecamatan masing-masing dan jangan ada lagi ego sektoral antara panwascam dan PPK tetapi jalin koordinasi dengan baik.

"Kalau ada PPK melakukan kesalahan lakukan koordinasi dengan baik dan tegur secara baik, jangan sampai tahapan terganggu karena ego sektoral," ujarnya.

Menurut dia, secara teknis Pilkada tidak seberat Pemilu tetapi secara psikologis lebih berat terutama bagi penyelenggara.

Setiap tahapan katanya, berpotensi terjadi pelanggaran sehingga pengawasan harus lebih baik lagi dan pengawas harus mengutamakan terlebih dahulu pencegahan dan pengawasan sebelum dilakukan penindakan.

Ketua KPU Solok Selatan Ade Kurnia Zelli berharap, antar penyelenggara harus mengenyampingkan ego sektoral tetapi harus berkolaborasi.

"KPU sudah menurunkan DP4 ke PPK untuk memetakan TPS masing-masing Kecamatan," ujarnya.

KPU akan melaksanakan pemutakhiran data pemilih pada 31 Mei-23 September 2024.