Tingkatkan Pengawasan Pilkada, Bawaslu Padang Panjang berikan Bimtek Panwascam

id Bawaslu Padang Panjang

Tingkatkan Pengawasan Pilkada, Bawaslu Padang Panjang berikan Bimtek Panwascam

Bawaslu Padang Panjang berikan bimbingan teknis pengawasan Pilkada 2024 bagi Panwascam se Padang Panjang. (ANTARA/ Isril)

Padang Panjang (ANTARA) - Badan pengawas pemilu (Bawaslu) Kota Padang Panjang Sumatera Barat, dengan berjalannya tahapan pemilihan kepala daerah serentak 2024, melaksanakan Bimbingan Teknis pelatihan pengawasan tahapan pemilihan untuk pengawasan pemilihan pada tahapan pemilihan kepada daerah 2024.

Ketua Bawaslu Kota Padang Panjang Hidayatul Fajri, menyebutkan Bawaslu kekurangan Sumber daya manusia, namun demikian pemahaman dan pengetahuan terkait pengawasan pemilu jangan sampai kurang.

“Bimtek pelatihan pengawasan tahapan pemilihan untuk pengawasan pemilihan pada tahapan pemilihan kepada daerah 2024 ini sangat penting. Bawaslu kekurangan SDM tapi demikian pemahaman dan pengetahuan terkait pengawasan pemilu jangan sampai kurang dan untuk itu peserta bimtek dapat mengikuti kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan pengawasan,” kata Hidayatul Fajri.

Selain Ketua Bawaslu sebagai narasumber, Bawaslu Kota Padang Panjang, juga menghadirkan narasumber mantan komisioner Bawaslu Agam Elvys, ST dengan materi Pengawasan tahapan pemilihan gubernur, bupati dan walikota tahun 2024.

“Harapannya setelah mengikuti bimtek ini kawan-kawan Panwascam memiliki pemahaman bersama dan siap apabila diberikan tugas khusus pengawasan,” harap Hidayatul Fajri

Hidayatul Fajri dengan materi Tata kerja dan pola hubungan pengawas pemilih dan penguatan konsepsi kolektif kolegial, lebih banyak menyinggung jalur koordinasi dan kerja pengawasan antara pengawas ditingak kecamatan (Panwascam) dengan Bawaslu Kota.

“Peraturan Bawaslu nomor 3 tahun 2022 menguatkan konsep kolektif kolegial dan menempatkan marwah rapat pleno sebagai keputusan tertinggi, untuk itu Jadwal pleno di Panwascam menyesuaikan pleno yang digelar Bawaslu kota, karean apa hasil pleno di Panwascam, itulah yang akan dibahas di pleno Bawaslu kota,” ungkap Hidayatul Fajri.

Sementara itu Elvys. ST, dalam materinya lebih banyak memberikan pemahaman tentang peraturan, perundang-undangan dan peraturan Bawaslu (Perbawaslu) terkait pengawasan tahapan pemilihan kepala daerah.

Bimbingan Teknis pelatihan pengawasan tahapan pemilihan untuk pengawasan pemilihan pada tahapan pemilihan kepada daerah 2024 bagi Panwascam dilaksanakan di Balirung Mifan, Kamis (5/9) dan di hadiri Dewi Aurora Divisi Hukum KPU Padang Panjang. (*)