Bawaslu Padang evaluasi kinerja Panwascam dan Panwas Kelurahan

id Bawaslu Padang,Coklit,Sumbar

Bawaslu Padang evaluasi kinerja Panwascam dan Panwas Kelurahan

Bawaslu Padang menggelar evaluasi kinerja Panwacam dan Panwas Kelurahan dalam tahapan Coklit di kota setempat pada Senin (ANTARA/Mario SN)

Padang (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Padang, Sumatera Barat melakukan evaluasi kinerja Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan Panitia Pengawas Keluaraha dalam tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih.

Komisioner Bawaslu Padang Bahrul Anwar dalam rapat koordinasi di Padang, Senin mengatakan evaluasi ini dilakukan dalam mengukur kinerja pengawas di tingkat kecamatan dan kelurahan dalam mengawasi tahapan pemilu.

"Selain itu kita juga menyiapkan langkah dan strategi pengawasan dalam tahapan berikutnya yakni penyusunan daftar pemilih sementara dan penetapan daftar pemilih," kata dia.

Menurut dia dalam tahapan Coklit di Kota Padang ada temuan di Sungai Pisang Kecamatan Bungus yakni ada empat kepala keluarga yang tidak didatangi petugas Pantarlih.

"Laporan ini kita dapatkan dan petugas pengawas mengingatkan PPK agar melakukan coklit terhadap keluarga tersebut," kata dia.

Selain itu ada sejumlah hal mendasar yang masih dilakukan pengawas di tingkat kelurahan dan kecamatan mulai dari kurang kordinasi dan penulisan surat yang belum tepat.

"Ini akan kita coba perbaiki melalui program Bimtek ke depan agar tidak menjadi persoalan lagi," kata dia.

Menurut dia panitia pengawas pemilu terus diberikan edukasi dan sosialisasi terkait regulasi dan alat kerja sehingga mereka memiliki pemahaman dan wawasan yang sama dalam melaksanakan tugas.

"Bimtek ini akan terus kita lakukan karena sejumlah regulasi ada yang baru dan juga tahapan pemilu yang akan dilaksanakan oleh KPU," kata dia