Prodi Kebidanan Unand laksanakan pengabdian masyarakat di Tanah Datar

id berita padang, berita sumbar, pengabdian masyarakat unand, prodi kebidanan

Prodi Kebidanan Unand laksanakan pengabdian masyarakat di Tanah Datar

Prodi S1 Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) Padang melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat berbasis prodi pada  29-30 November 2019 di Nagari Sumaniak Kabupaten Tanah Datar.  (Antara/istimewa)

Padang, (ANTARA) - Prodi S1 Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) Padang melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat berbasis prodi pada 29-30 November 2019 di Nagari Sumaniak Kabupaten Tanah Datar.

Kegiatan yang dilaksanakan terdiri dari atas pemberian materi tentang parenting class berbasis islami, pemeriksaan kolesterol, gula darah dan Hb, pemeriksaan ibu hamil dan senam lansia serta konseling hasil pemeriksaan kesehatan dengan dr Rahmat Syawqi.

Menurut Ketua Tim Pelaksana Yulizawati kegiatan ini merupakan tahun ke-3 dari 5 tahun pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat berbasis prodi yang akan dilaksanakan di Nagari Sumaniak.

Wali Nagari Sumaniak Iramayandi menyampaikan kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat.

Kegiatan ini merupakan salah satu output hilirisasi dari penelitian yang dilaksanakan oleh Yulizawati M.Keb yang berjudul Pengaruh Parenting Class Berbasis Islami Terhadap Pola Asuh Orang Tua yang menghasilkan empat Modul Parenting Class.

Empat modul tersebut yaitu mengenal perkembangan emosional dan karakteristik anak, mendidik dengan bahasa cinta berdasarkan Al Quran dan hadis, Blocking dysfunctional development, Good parenting in revolution industry 4.0.

Hal ini sejalan dengan Visi Nagari Sumanik yaitu Terwujudnya Nagari yang Berkah, Beriman, Beradat, Harmonis dan Sejahtera dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan adat.

Menurut Yulizawati persiapan generasi di masa yang akan akan datang perlu dilakukan dari sekarang dimulai dengan menjadikan orang tua sebagai patner dan pemberdayaan masyarakat.

Pemberdayaan masyarakat dilakukan dengan pengembangan posdaya usia reproduksi dan lansia di nagari Sumaniak.

Kemudian juga dilakukan deteksi dini masalah kesehatan melalui pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang kolesterol, gula darah dan Hb menjadi langkah awal dalam meningkatkan upaya kesehatan yang dilakukan oleh tim pengabdian masyarakat.

Bagi yang hasilnya abnormal dilanjutkan dengan konsultasi dan pemeriksaan lebih lengkap, pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat terus dilanjutkan dimasa yang akan dating sebagai pelaksanaan amanat tri dharma perguruan tinggi, kata dia.

Tim pelaksana kegiatan yang turun antara lain Yulizawati,M.Keb, Lusiana, ALdina Ayunda, Feni Andriani, Fitrayeni, Erda Mutiara Halida, Laila Rahmi, Rafika Oktova, Ulfa Farrah Lisa, Uliy Iffah, Miranie Safaringga, dr Rahmat Syawqi, Febi dan Vania.

Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar