Padang segera bentuk Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah

id berita padang, berita sumbar, tim percepatan akses keuangan daerah, inklusi keuangan, ekonomi kreatif, ojk

Padang segera bentuk Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah

Kepala Bagian Perekonomian Pemkot Padang Swesti Fanloni (Antara/Ikhwan Wahyudi)

Padang, (ANTARA) - Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat akan segera membentuk Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) sebagai upaya mempercepat tingkat inklusi keuangan di daerah itu.

"Setelah TPAKD terbentuk diharapkan bisa memfasilitasi pelaku UMKM yang selama ini belum bisa mengakses lembaga keuangan untuk bisa mendapatkan modal," kata Kepala Bagian Perekonomian Pemkot Padang Swesti Fanloni di Padang, Kamis.

Ia mengakui pembentukan TPAKD di Padang cukup terlambat karena sudah ada lima daerah di Sumatera Barat yang memilikinya.

Ketika daerah sudah memilikinya bisa mengakses industri keuangan lebih mudah sehingga tingkat inklusi keuangan meningkat, kata dia.

Ia menceritakan TPAKD diinisiasi oleh OJK dan di Kabupaten Limapuluh Kota TPAKD setempat sudah bisa memfasilitas akses permodalan bagi peternak sapi.

Menurut dia pembentukan TPAKD tidak hanya sebatas menunjuk orang untuk menjadi bagian tim kemudian dibuat SK wali kota.

"Yang lebih penting adalah membangun kesepahaman dan mendudukan bersama apa tugas yang akan dilaksanakan," kata dia.

Ia berharap organisasi perangkat daerah yang tergabung dalam TPAKD juga sudah memiliki program dan anggaran pada 2020 untuk mempercepat peningkatan akses keuangan.

Dengan adanya TPAKD para pelaku usaha mikro akan bisa lebih berkembang dan disinkronkan dengan pengembangan ekonomi kreatif, kata dia.

Apalagi di Padang baru saja dikukuhkan Komite Ekonomi Kreatif yang akan membuat rekomendasi kebijakan pengembangan ekonomi kreatif, kata dia.

Ia menambahkan rekomendasi tersebut akan jadi pertimbangan bagi pemerintah kota dalam melakukan pengembangan sektor ekonomi kreatif.