Payakumbuh tingkatkan kompetensi tenaga pustaka kelurahan dan taman baca masyarakat

id perpustakaan payakumbuh,berita payakumbuh

Payakumbuh tingkatkan kompetensi tenaga pustaka kelurahan dan taman baca masyarakat

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Payakumbuh gelar sosialisasi pengelolaan perpustakaan untuk meningkatkan kompetensi pustakawan. (Antara/Istimewa)

Payakumbuh, (ANTARA) - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Payakumbuh, Sumatera Barat menggelar sosialisasi pengelolaan perpustakaan untuk meningkatkan kompetensi pengelola pustaka di kelurahan dan taman baca masyarakat di daerah setempat.

"Melalui kegiatan ini diharapkan pustakawan mampu meningkatkan pengetahuan dalam mengelola perpustakaan dan melaksanakan tugas dan fungsinya secara maksimal," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Payakumbuh Prima Yanuarita di Payakumbuh Rabu.

Ia mengatakan peran dari pustakawan atau pengelola perpustakaan sangatlah penting untuk mewujudkan minat baca yang tinggi, tidak saja pustaka di kelurahan tapi juga taman baca yang berkembang di tengah masyarakat.

Taman baca masyarakat tersebut merupakan suatu tempat mengumpulkan informasi yang berkelanjutan untuk menghimpun sebanyak mungkin sumber informasi untuk dikoleksi.

Untuk itu, pihaknya terus berupaya mengembangkan minat dan budaya membaca di masyarakat, sebab taman baca erat kaitannya dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Sementara Bunda Literasi Kota Payakumbuh, Henny Riza Falepi mengatakan sebuah perpustakaan di lingkungan masyarakat merupakan salah satu indikator atau ukuran tentang tingkat kemajuan masyarakat di sekitarnya.

Untuk itu minat baca masyarakat di Kota Payakumbuh masih perlu ditingkatkan dan harus diselesaikan secara terpadu, terkoordinasi, dan terintegrasi dengan pemerintah.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah mengadakan perpustakaan kelurahan, taman baca masyarakat, kegiatan layanan perpustakaan keliling dan pembinaan serta kerjasama antar perpustakaan dan pemerintah daerah.

Ia berharap dengan sosialisasi ini dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan pengelola perpustakaan di kelurahan, sehingga minat baca masyarakat pun meningkat.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar