Kunjungan perpustakaan Payakumbuh sekitar 60 orang per hari

id Perpustakaan Payakumbuh,Sejarah Payakumbuh,Berita Payakumbuh

Kunjungan perpustakaan Payakumbuh sekitar 60 orang per hari

Kunjungan murid PAUD ke Perpustakaan Payakumbuh. (ANTARA/Istimewa)

Payakumbuh (ANTARA) - Kunjungan Perpustakaan Daerah Kota Payakumbuh rata-rata 60 orang per hari yakni sekitar 20-30 orang dari kunjungan umun dan 30 orang dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD/TK).

"Untuk menggenjot kunjungan perpustakaan kita tetap beroperasi hari Sabtu dan Minggu jam 10 pagi sampai jam 2 siang," ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Payakumbuh Prima Yaniarita di Payakumbuh, Senin.

Selain itu untuk meningkatkan kunjungan pihaknya bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh.

Saat ini yang telah rutin mengunjungi perpustakaan adalah dari PAUD Islam Terpadu Raudhatu Jannah.

"Program ini agar anak-anak kita dapat mengenal lebih dekat tentang perpustakaan dalam pembelajaran di sentra multimedia dan pustaka," katanya.

Kunjungan siswa ke Perpustakaan Daerah jadwalnya diatur oleh disdik Kota Payakumbuh atau bisa juga sekolah yang mengajukan permohonan.

Dalam kunjungan anak-anak PAUD/TK, mereka diarahkan untuk membaca buku bergambar koleksi Perpustakaan Daerah dan anak-anak diminta untuk menceritakan kembali apa yang telah mereka baca.

"Bagi anak-anak yang bisa menceritakan apa yang mereka baca, kita kasih story telling reward (STR)," ucapnya.

Prima menyebut Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Payakumbuh juga menyediakan layanan Perpustakaan Keliling bagi sekolah-sekolah yang ada di Kota Payakumbuh.

"Untuk sekolah yang akan di kunjungi oleh pustaka keliling, ditentukan oleh kelurahan dan kami langsung berkunjung kesekolah tersebut," ujarnya.

Perpustakaan keliling juga bisa dimanfaatkan oleh warga masyarakat yang tidak berkesempatan berkunjung ke Perpustakaan Daerah Kota Payakumbuh agar meningkatkan minat baca serta untuk menambah pengetahuan bagi warga Payakumbuh.

"Kami tetap buka setiap akhir pekan dan disini kami juga menyediakan layanan Internet gratis bagi para pengunjung," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar