Payakumbuh dapatkan hibah sarana dan prasarana literasi dari perpustakaan nasional RI

id Pemkot Payakumbuh,Berita Payakumbuh,perpustakaan nasional RI,sarana dan prasarana literasi

Payakumbuh dapatkan hibah sarana dan prasarana literasi dari perpustakaan nasional RI

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemerintah Kota Payakumbuh Prima Yanuarita saat memperlihatkan mobil perpustakaan keliling bantuan dari Perpustakaan Nasional RI. (Antara/Istimewa)

Payakumbuh (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Payakumbuh, Sumatera Barat mendapatkan bantuan hibah sarana dan prasarana literasi dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia guna mendukung pelayanan literasi kepada masyarakat.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pemerintah Kota Payakumbuh Prima Yanuarita di Payakumbuh, Rabu, mengatakan dua bantuan hibah dari Perpusnas RI yakni mobil perpustakaan keliling beserta kelengkapannya dan pojok baca digital.

"Kita selalu mengirimkan kondisi perpustakaan dan berapa jumlah yang harus dilayani kepada Perpusnas RI. Alhamdulillah perjuangan kita berbuah manis, ke depan ada lagi bantuan lain yang akan kita gapai demi terciptanya pelayanan literasi yang prima di Kota Randang," kata dia.

Disampaikannya bahwa bantuan mobil pustaka keliling saat ini baru didapatkan oleh 39 Kabupaten/Kota se Indonesia dan salah satunya didapatkan Pemkot Payakumbuh.

Ia menyampaikan mobil bantuan tersebut dilengkapi koleksi buku 500 eksemplar, perlengkapan multimedia terdiri satu paket digital library system, empat unit tablet android, satu unit genset, satu unit modem, satu unit smart TV 32 inci, satu unit multimedia speaker, dan satu unit UPS 2000 VA.

"Mobil ini diserahkan oleh Perpusnas RI pada 24 November, kita menjemput dan membawa langsung mobilnya dari Perpusnas RI dari Jakarta ke Kota Payakumbuh," kata Prima.

Sementara untuk sarana prasarana pojok baca digital terdiri dari satu unit server ID, router, modem, empat unit PC, satu unit TV LED 43 inci, lima tablet, tiga unit karpet tile 50 x 50, satu unit UPS power, empat unit meja.

Selanjutnya satu unit meja mimbar atau resepsionis, dua unit rak buku kanan kiri, satu unit rak kabinet, satu unit back drop, satu unit sofa, empat unit kursi, dan bahan baca pustaka.

Ia mengatakan bahwa pojok baca digital atau perpustakaan digital ini akan ditempatkan di Mal Pelayanan Publik (MPP) yang berada di Balai Kota Payakumbuh.

"Bantuan pojok baca digital diantar langsung oleh Perpusnas RI ke Pemkot Payakumbuh. Kita terima langsung di MPP pada 29 November 2022," katanya.

Ia mengatakan sesuai dengan harapan penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda adanya tambahan sarana dan prasarana literasi di Kota Payakumbuh diharapkan pemerintah bisa lebih banyak melayani masyarakat untuk literasi yang semakin nyata.