Tingkatkan minat baca, Dinas Arsip dan Perpustakaan Payakumbuh gelar temu mitra

id temu mitra perpustakaan

Kegiatan Temu Mitra Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Payakumbuh dengan pengurus perpustaakaan kelurahan di Kota Payakumbuh. (Antara Sumbar/Syafri Ario)

Payakumbuh, (Antaranews Sumbar) - Dinas Arsip dan Perpustakaan Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, menggelar temu mitra sebagai upaya meningkatkan minat baca dan literasi masyarakat di daerah itu, Senin (4/12).

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Payakumbuh, Zulinda Kamal di Payakumbuh, menyampaikan temu mitra ini bertujuan agar semua pengurus perpustakaan yang ada di kelurahan dapat bertemu dan menyamakan visi dengan stakeholders dalam rangka meningkatkan minat baca dan literasi di masyarakat.

Ia mengatakan semua mitra di Kota Payakumbuh sudah menjadi mitra perpuseru (perpustakaan seru) yang nantinya dapat melaksanakan kegiatan tidak hanya tentang literasi, juga kegiatan lain untuk kemajuan masyarakat.

Wali Kota Payakumbuh diwakili staf ahli bidang kemasyarakatan dan SDM, Syahril menyampaikan keprihatinannya terhadap minat baca masyarakat yang masih rendah, terutama anak muda masih jauh sekali dari keinginan membaca buku.

Ia mengharapkan melalui temu mitra ini mampu menemukan solusi untuk peningkatan minat baca di tengah masyarakat.

"Jika dilihat dari perkembangan teknologi semua sudah serba digital, apa pun termasuk untuk membaca juga sudah bisa melalui HP android, komputer dan banyak beredar soft copy buku di internet yang bisa dibaca," katanya.

Melalui kegiatan ini, 13 kelurahan mitra dan pihak ketiga seperti perbankan di Kota Payakumbuh diharapkan terus membantu peningkatan minat baca dan literasi masyarakat ke depannya.

Bermitra dengan perbankan ini karena secara finansial Dinas Arsip dan Perpustakaan Payakumbuh belum mampu secara mandiri untuk melakukan kegiatan kegiatan seperti direncanakan.

Karena itu ia berharap semuanya dapat bersinergi untuk perkembangan literasi di Kota Payakumbuh.

Dukungan Coca cola Foundation Indonesia dan Billgates Foundation (Microsoft) dapat digunakan untuk perkembangan perpustakaan dan perkembangan literasi untuk kemajuan masyarakat.

Kegiatan ini sendiri diikuti beberapa OPD terkait di lingkungan Pemkot Payakumbuh, seperti Dinas Pertanian, Koperindag, Dinas Ketapang, Kominfo, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pendidikan, Disnaker, kecamatan, kelurahan dan BUMN serta dari TBM (Taman Baca Masyarakat) Kota Payakumbuh. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar