Dukung Pariwisata Indonesia, Universitas Prasetya Mulia hadirkan S1 "Hospitality Business"

id Pariwisata,indonesia,padang,hospitality

Dukung Pariwisata Indonesia, Universitas Prasetya Mulia hadirkan S1 "Hospitality Business"

Mahasiswa S1 Hospitality Business dalam sesi mata kuliahnya (Istimewa)

Padang (ANTARA) - Universitas Prasetiya Mulya menghadirkan pendidikan manajemen pariwisata dan bisnis melalui S1 Hospitality Business yang memiliki jurusan di area ilmu program studi Tourism Business bersama jurusan S1 Event.

Kepala Program Studi Tourism Business Yudho Hartono melalui keterangan pers di Padang, Minggu mengatakan “hospitality Inovator” adalah karakteristik lulusan dari program S1 Hospitality Business menghasilkan lulusan yang mampu menjadi pemain penting di industri pariwisata di masa mendatang.

“Mahasiswa akan dibimbing untuk mendalami manajemen industri service mulai dari hotel, restoran, theme park, mall atau pun potensi destinasi wisata lainnya,” kata dia.

Menurut dia mereka akan diberikan kesempatan untuk menguasai kemampuan operasional seperti “manajemen room division”, “operasional food and beverage”, “introduction to services” dan “fundamental tourism”.

Hal ini akan membuat mahasiswa mampu mengelola kompleksitas level manajerial mulai dari strategi bisnis, keuangan, pemasaran, akuntansi dan sumber daya manusia.

“Pembelajaran yang menekankan pada kemampuan untuk memecahkan masalah dan menggunakan pendekatan-pendekatan kreatif sebagai solusi pemecahan permasalahan di industri. Kemudian dipadukan dengan serangkaian projek-projek di mata kuliah yang dapat memperkaya portofolio profil lulusan dari program ini,” kata dia.

Selain itu hadirnya fasilitas Laboratorium Food Production dan Mock Up Room & Hotel Laboratory juga akan semakin menunjang melengkapi pembelajaran. Hal itu membuat mereka memahami operasional lapangan hingga mengelola pengalaman yang kompleks di industri hospitality menjadi gambaran simulasi pendidikan di program ini.

“Program kita juga diperkaya workshop-workshop yang dapat menambah kemampuan dan skill mahasiswa serta pembentukan sikap mahasiswa yang dapat berguna untuk menjadi inovator di industri ini di masa yang akan datang," kata dia.

Ia menyebutkan saat ini mahasiswa S1 Hospitality Business sudah berhasil meraih pengahargaan di skala nasional maupun internasional. Salah satunya Lisabel Lim bersama tiga rekannya dari jurusan berbeda berhasil meraih tiga medali pada ajang AFECA Asian MICE Youth 2019, Manila, Taiwan.

Mereka menamai kelompoknya ‘Arutala’, mereka unggul sebagai Champion, Best Powerpoint Presentation, dan Most Popular Team Award dari 14 kelompok peserta dari delapan negara.

Ia mengatakan industri pariwisata akan menjadi pilihan karir dan bisnis yang menjajikan untuk generasi muda. Beberapa contoh lapangan pekerjaan yang dapat digeluti oleh lulusan S1 Hospitality Business adalah Corporate Chef yaitu pimpinan area kitchen dengan kehandalan strategi penyajian makanan dan minuman, bekerja dalam skala besar seperti perusahaan hospitality, rantai fast-food, atau makanan pesawat.

“Tak melulu memegang spatula, lulusan juga dapat bekerja sebagai F&B Consultant yang melayani para investor yang ingin mengembangkan bisnis restoran,” katanya.

Ia mengatakan saat ini membuka pendaftaran S1 Hospitality Business Universitas Prasetiya Mulya melalui situs prasmul.link/pendaftarans1. Pendaftaran Kota Padang akan ditutup pada tanggal 26 November 2019 dan kemudian akan dilakukan tes seleksi pada 1 Desember 2019 di SMAN 1 Padang.

“Tunggu apalagi segera daftar dan jadilah pemain penting di industri pariwisata Indonesia masa depan dengan bergabung dengan kami dan menjadi pemain penting dalam pariwisata masa depan,” kata dia.