Operasi Zebra Polres Agam akan tindak pengendara motor dari kalangan pelajar

id Dwi Nur Setiawan,operasi zebra,tindak pelajar,berita agam,polres agam,berita sumbar

Operasi Zebra Polres Agam akan tindak pengendara motor dari kalangan pelajar

Kapolres Agam AKBP Dwi Nur Setiawan memasang pita kepada anggota Satpol-PP Agam saat apel gelar pasukan Operasi Zebra Singgalang di halaman Mapolres setempat, Rabu (23/10). (Antara Sumbar/Yusrizal)

Lubukbasung, (ANTARA) - Kepolisian Resor Agam, Sumatera Barat akan menindak tegas pengendara sepeda motor dari kalangan pelajar yang berangkat ke sekolah saat Operasi Zebra Singgalang yang digelar dari 23 Oktober sampai 5 November 2019.

"Kita akan menilang mereka karena berisiko melakukan pelanggaran," kata Kapolres Agam AKBP Dwi Nur Setiawan didampingi Waka Polres Agam Kompol Nasir saat apel gelar pasukan Operasi Zebra Singgalang di halaman Mapolres setempat, Rabu.

Ia mengatakan kalangan pelajar masih banyak ditemukan menggunakan sepeda motor ke sekolah di wilayah hukum Polres setempat.

Sebagian mereka tidak ada menggunakan helem, berboncengan lebih dua dan kelengkapan lainnya.

Untuk itu pihaknya mengimbau para orang tua agar melarang anak mereka membawa sepeda motor, karena emosi mereka masih labil, sehingga berpotensi untuk kecelakaan.

Apabila orang tua memberikan kunci sepeda motor, maka pihaknya akan mencegah dengan menertibkan.

"Kalau sayang kepada anak, jangan berikan sepeda motor kepada anak, dan antarkan mereka ke sekolah," katanya.

Selain pelajar, tambahnya, pihaknya akan menindak tegas pengendara yang tidak menggunakan helem, melawan arus, berboncengan lebih dari dua dan lainnya.

Operasi itu bakal dilakukan di Kecamatan Tanjungraya, Lubukbasung dan lainnya karena pelanggaran lalu lintas sangat tinggi di kecamatan itu

Ia menambahkan Operasi Zebra Singgalang digelar pada 23 Oktober sampai 5 November 2019 dengan mengerahkan 35 personel.

Pada operasi ini sosialisasi 10 persen, teguran 10 persen dan penindakan 80 persen.

Sementara itu, Bupati Agam Indra Catri mendukung pelaksanaan Operasi Zebra Singgalang dalam rangka mengurangi angka kecelakaan.

"Saya mendukung operasi ini dan berharap pengendara mematuhi aturan lalu lintas," katanya. (*)