SMKN 8 Padang pamerkan batik tanah liek sebagai produk unggulan

id berita padang, berita sumbar, berita terkini,sejarah batik,batik indonesia,batik bunga,pengertian batik cap,alat dan bahan batik,gambar batik mega men

SMKN 8 Padang pamerkan batik tanah liek sebagai produk unggulan

SMKN delapan Padang pamerkan batik tanah liek sebagai produk unggulan dalam rangka Gebyar Pendidikan Provinsi Sumatera Barat 2019.

Padang (ANTARA) - Sekolah Menengah Kejuruan Negri (SMKN) 8 Cengkeh, Kecamatan Lubuk Begalung, Kota Padang, Sumatera Barat, memamerkan batik tanah liek sebagai produk unggulan dalam rangka Gebyar Pendidikan 2019 yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat.

Siswa SMKN delapan Padang Arul Fikri (19) di Padang, Sabtu mengatakan motif batik yang dipakai merupakan hasil karya mereka berupa motif rumah adat, rangkiang, kaluak paku, itiak pulang patang, tari piriang, dan daun talas.

"Motif yang baru kami hasilkan berupa motif masjid raya Sumbar dan juga banyak diminati," ujar dia.

Harga batik tersebut beragam mulai dari Rp250 ribu per 2,5 meter sampai Rp 3,8 Juta per 2,5 meter.

"Bahan yang digunakan dari tanah liek menggunakan dua teknis yakni batik cap dan batik tulis," sambung dia.

Selain batik tanah liek produk lainnya yang dipamerkan berupa pajangan dinding yang diukir Rp250 ribu , lampu hias dari keramik Rp5 ribu hingga Rp100 ribu yang merupakan hasil karya siswa SMKN delapan.

"Kotak perhiasan dari kayu yang diukir Rp60 ribu," sambungnya.

Ia juga mengatakan sekolahnya sudah sering mengikuti pameran yang diadakan oleh beberapa instansi.

Selain itu, sekolahnya juga sering memenangkan lomba tingkat nasional berupa juara satu lomba batik tulis tingkat nasional di Lombok dua tahun lalu.

"Kami juga pernah menangkan lomba tenun juara dua tingkat nasional di Sulawesi dan tahun ini akan mengikuti lomba di Kalimantan," kata dia.

Ia berharap dengan adanya kegiatan tersebut dapat meningkatkan kreatifitas mereka dan juga sebagai ajang mengenalkan hasil karya sekolah mereka ke masyarakat.