Puluhan ibu-ibu di Batu Gadang ikuti tes IVA

id berita padang, berita sumbar, berita terkini,penyebab kanker, tes iva,kanker di indonesia,kanker serviks

Puluhan ibu-ibu di Batu Gadang ikuti tes IVA

Para ibu di Batu Gadang mengikuti tes IVA di Padang, Kamis (Antara/istimewa)

Padang (ANTARA) - Puluhan ibu-ibu di Kelurahan Batu Gadang, Kecamatan Lubuk Kilangan Padang mengikuti kegiatan tes inspeksi visual asetat (IVA) sebagai upaya deteksi dini kanker rahim.

Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama Lembaga Pengkajian dan Pemberdayaan Masyarakat (LP2M) Sumatera Barat bekerja sama dengan Puskesmas Lubuk Kilangan Padang.

Menurut Ketua Jaringan Perempuan Usaha Kecil yang dibina LP2M Sumaryanti Ningsih kegiatan ini dalam rangka lomba hak kesehatan seksual reproduksi yang rutin diadakan setiap tahun.

Ada sekitar 50 orang ibu-ibu yang mengikuti kegiatan ini, antuasiasme cukup tinggi, namun saat ini dibatasi untuk 50 orang, kata dia.

Sementara Staf LP2M Sumbar Refita mengatakan kegiatan ini sebagai upaya mengedukasi kaum perempuan tentang kesehatan reproduksi," kata Staf LP2M Sumbar Refita

Menurut dia Kelurahan Batu Gadang merupakan salah satu daerah pendampingan LP2M dan deteksi dini kanker rahim penting dilakukan.

Sementara Kepala Puskesmas Lubuk Kilangan Linda Hasmi mengatakan hingga saat ini tingkat kesadaran kaum ibu di wilayah kerjanya cukup tinggi melakukan tes IVA.

Tidak hanya itu pihaknya juga bekerja sama dengan kecamatan membuat edaran dan imbauan agar perempuan aktif yang sudah bersuami dengan rentang usia 30 sampai 50 tahun melakukan tes IVA, kata dia.

Kemudian pihaknya juga melakukan sosialisasi secara rutin tentang pentingnya tes ini sebagai upaya deteksi dini kanker mulut rahim.

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar