Dharmasraya Punya Mobil Donor Darah Keliling Jangkau Pendonor hingga Nagari

id Mobil donor darah

Kepala Dinas Kesehatan Rahmadian. (ANTARA SUMBAR/Ilka Jansen)

Pulaupunjung (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) membeli mobil donor darah sebagai sarana transportasi untuk mendukung program donor darah keliling untuk membantu ketersediaan darah di daerah itu.

"Mobil donor darah keliling diharapkan dapat menjangkau pendonor hingga tingkat nagari sehingga stok darah meningkat," kata Kepala Dinas Kesehatan Dharmasraya, Rahmadian di Pulau Punjung, Senin.

Ia mengatakan biaya pembelian mobil donor darah tersebut sebesar Rp900 juta bersumber dari Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah (APBD) 2019. Tahap pengadaan sudah selesai proses lelang.

Menurut dia stok darah pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sungai Dareh sering mengalami kekurangan, stok yang sering kurang yakni golongan A dan AB.

Oleh sebab itu, lanjut dia pemerintah daerah mengambil kebijakan dengan menyediakan mobil unit donor darah yang akan menjangkau masyarakat dan para pendonor sukarela di pelosok Dharmasraya.

"Diharapkan dengan adanya mobil-mobil unit donor darah ini akan tercapai penyediaan darah," katanya.

Ia menyebutka mobil donor darah akan berkeliling ke seluruh negari-nagari kemudian mendatangi setiap acara-acara yang digelar pemerintah ataupun masyarakat.

UPTD PMI juga akan bekerjasama dengan forum nagari sehat, komunitas, dan perkumpulan pemuda dalam menggalang aksi donor darah nantinya, tambah dia.

Sementara, salah seorang masyarakat Kecamatan Pulau Punjung, Roni A menyambut baik rencana pengadaan mobil donor darah keliling.

"Pengalaman saya waktu keluarga melahirkan di RSUD pernah kekurangan darah, sementara stok tidak ada. Jadi, kami masyarakat sangat mengapresiasi langkah pemerintah daerah ini," ujarnya.(*)

Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar