Rp488 juta, PAD dari Angso Duo selama libur lebaran

id Angso Duo,PAD Pariaman,Wisata Bahari Pariaman

Rp488 juta, PAD dari Angso Duo selama libur lebaran

Sejumlah wisatawan sedang mandi di Pantai Pulau Angso Duo Kota Pariaman, Sumbar, Sabtu (8/6). (Antara Sumbar/Aadiaat M. S)

​​​​​​​Pariaman (ANTARA) - Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, Sumatera Barat, Lia Lestari mengatakan pendapatan daerah itu dari kunjungan wisatawan ke Pulau Angso Duo selama libur Lebaran 2019 mencapai Rp488 juta.

"Pendapatan itu dihitung dari tiket ke pulau yang habis sebanyak 12.200 lembar, lalu dikalikan dengan harga tiket senilai Rp40 ribu perorang," katanya di Pariaman, Kamis.

Ia mengatakan pendapatan dari tiket tersebut dibagi untuk empat bagian yaitu untuk APBD Rp10.000, premi asuransi Rp2.000, sedangkan sisanya untuk agen dan pemilik kapal

"Rincian itu sudah kami cantumkan di belakang tiket ke pulau Angso Duo," katanya.

Dengan adanya pembagian tersebut, lanjutnya maka untuk APBD Kota Pariaman dari retribusi ke Pulau Angso Duo yaitu mencapai Rp122 juta.

Ia mengatakan data tersebut dikumpulkan pihaknya selama libur Lebaran 2019 yaitu mulai dari Kamis (6/6) hingga Minggu (16/6).

Meskipun jumlah kunjungan ke pulau tersebut diambil dari dua lokasi keberangkatan yaitu di Pantai Gandoriah dan muara namun pihaknya memprediksi masih ada kunjungan wisatawan yang tidak tercatat.

Menurutnya biasanya hal itu terjadi karena wisatawan kenal dengan nelayan atau pemilik kapal sehingga tidak membeli tiket.

Sebelumnya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman mencatat selama Lebaran 2019 kunjungan wisatawan ke Pulau Angso Duo mencapai dua ribu orang dalam sehari.

"Jumlah tersebut diketahui dari penjualan tiket kapal ke pulau," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman Alfian di Pariaman, Sabtu.

Ia mengatakan di pulau tersebut wisatawan dapat menikmati sejumlah sarana wisata di antaranya banana boat serta sejumlah lokasi swafoto menarik.
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar