Masyarakat Solok antusias saksikan Bintang Qasidah cabang MTQ (video)

id Bintang Qasidah,MTQ Sumbar,Kota Solok

Masyarakat Solok antusias saksikan Bintang Qasidah cabang MTQ (video)

Salah satu peserta bintang Qasidah saat menampilkan lagu yang dibawakan. (Antara Sumbar/ Tri Asmaini)

Solok (ANTARA) - Bintang Qasidah menjadi salah satu cabang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 38 yang cukup menarik untuk disaksikan masyarakat.

Masyarakat dan keluarga peserta tampak antusias menyaksikan penampilan bintang Qasidah yang terbagi menjadi tiga sesi. Pagi untuk bintang Qasidah anak-anak, siang untuk remaja dan malam untuk penampil kategori dewasa.

Irama lagu musik gambus yang mengiringi peserta membuat para penonton yang datang ikut bergoyang dan bernyanyi bersama. Kostum peserta yang indah membuat penampilan mereka ditunggu-tunggu masyarakat.

Penampilan peserta bintang Qasidah yang artistik dengan suara tinggi yang merdu memberikan efek tersendiri bagi masyarakat yang mendengar.

Salah seorang penonton, Silvia (26) mengatakan baru pertama kali melihat lagu Qasidah yang dibawakan dengan bagus dan menarik. Ia biasanya hanya melihat pertunjukkan Qasidah saat ada orang dikampungnya menikah dengan hiburan Gambus.

"Biasanya Qasidah identik dengan orang tua, tapi penampilan peserta di MTQ 38 membuat lagu Qasidah lebih menarik dan dapat dinikmati semua kalangan karena diaransemen lebih modern," katanya.

Cabang bintang Qasidah adalah bentuk syair epik kesusastraan Arab yang dinyanyikan. Penyanyi menyanyikan lirik berisi puji-pujian dan ayat Alquran, dimana lagu-lagunya mengandung unsur-unsur dakwah Islamiyah dan nasihat baik sesuai Islam.

Ketua Pelaksana Bintang Qasidah, Maghdalena di Solok, Selasa menyebutkan jumlah peserta 69 orang terdiri dari kategori anak-anak 19 orang putra putri, kategori remaja 24 orang putra putri (11 putra), kategori dewasa sebanyak 26 orang (13 laki-laki).

"Ada empat daerah yang tidak mengirimkan perwakilan sama sekali Kota Sawahlunto, Bukitinggi Kabupaten Kepulauan Mentawai dan Pesisir Selatan," katanya.

Menurutnya, Penampilan pada Selasa adalah penampilan terakhir peserta. Sebab pada Rabu (19/6) merupakan final yang akan menampilkan tiga orang terbaik menurut penilaian juri.

Selain itu, tiga peringkat harapan terpilih berdasarkan nilai tertinggi selanjutnya.

"Kami tidak mengadakan semifinal, karena pemilihan penampil pada final berdasarkan nilai tertinggi. Jadi langsung final," ujarnya.