Korsel gagal catatkan sejarah, lepaskan juara dunia U20 ke Ukraina

id timnas ukraina u20,timnas korsel u20,piala dunia u20

Korsel gagal catatkan sejarah, lepaskan juara dunia U20 ke Ukraina

Kapten tim nasional Ukraina U20 Valerii Bondar (depan) mengangkat trofi Piala Dunia U20 di hadapan rekan-rekannya usai mengalahkan Korea Selatan 3-1 dalam partai final di Stadion Widzewa, Lodz, Polandia, Sabtu (15/6/2019) setempat. (ANTARA/REUTERS/Kacper Pempel)

Jakarta (ANTARA) - Tim nasional U20 Ukraina berhasil menjuarai Piala Dunia U20 seusai mengalahkan Korea Selatan dengan skor 3-1 di Stadion Widzewa, Lodz, Polandia, Sabtu malam setempat.

Ukraina sempat tertinggal lebih dulu lewat eksekusi penalti Lee Kang-in namun mereka kemudian menyarangkan tiga gol balasan ke gawang Korsel untuk menjuarai turnamen, demikian catatan laman resmi FIFA.

Laga baru berjalan lima menit ketika wasit Ismail Elfath memberikan hadiah tendangan penalti untuk Korsel menyusul pelanggaran terhadap kapten Hwang Tae-hyeon.

Kesempatan itu dimanfaatkan dengan baik oleh Kang-in yang menjadi algojo dan sukses membawa Korsel unggul.

Ketertinggalan satu gol memicu Ukraina untuk terus menekan hingga akhirnya bisa mencetak gol balasan lewat eksekusi tendangan bebas Vladyslav Supriaha yang menjebol gawang kiper Korsel pada menit ke-34.

Delapan menit memasuki babak kedua, Supriaha berhasil membawa Ukraina berbalik unggul lewat gol keduanya yang dicetak usai menerima umpan datar dari sisi kanan.

Korsel berusaha bangkit dan mencetak gol balasan lagi namun upaya mereka tak kunjung membuahkan hasil.

Nasib Korsel seolah dipastikan semenit jelang waktu normal berakhir ketika Heorhii mencetak gol ketiga Ukraina dengan aksinya menerobos dari tengah lapangan sendirian dan diakhiri tembakan ke sudut kiri bawah gawang lawan untuk mengubah kedudukan menjadi 3-1.

Skor 3-1 tidak berubah, dan Ukraina untuk pertama kalinya berhasil meraih trofi kejuaraan sepak bola untuk pemain berusia di bawah 20 tahun itu.