Italia amankan kemenangan tipis atas Ukraina 2-1

id Timnas Italia,Timnas Ukraina,Grup C Kualifikasi Euro 2024,Kualifikasi Euro 2024,Davide Frattesi,Andriy Yarmolenko

Italia amankan kemenangan tipis atas Ukraina 2-1

Ekspresi kecewa penyerang tim nasional Italia Joao Pedro setelah dikalahkan Makedonia Utara dalam semifinal playoff Jalur C kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Eropa di Stadion Renzo Barbera, Palermo, Italia, Kamis (24/3/2022). (ANTARA/AFP/Alberto Pizzoli)

Jakarta (ANTARA) - Timnas Italia mengamankan kemenangan tipis atas Timnas Ukraina dengan skor 2-1 pada pertandingan Grup C Kualifikasi Euro 2024 di Stadion San Siro, Milan, Rabu dini hari WIB.

Kemenangan Italia hadir berkat dua gol yang dicetak oleh Davide Frattesi, sedangkan Ukraina sempat membalas melalui Andriy Yarmolenko, demikian catatan UEFA.

Hasil ini membuat Italia menempati peringkat kedua klasemen sementara Grup C dengan raihan tujuh poin dari empat pertandingan, sedangkan Ukraina berada di posisi ketiga dengan poin sama namun memiliki selisih gol yang tidak lebih baik.

Secara statistik mendominasi jalannya pertandingan dengan mencatatkan 66 persen penguasaan bola serta melepaskan total 20 tendangan lima di antaranya tepat sasaran.

Memasuki babak pertama, Italia mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu dan sempat memberikan ancaman melalui tendangan Giacomo Raspadori yang masih menyamping dari gawang Ukraina.

Italia berhasil mencuri keunggulan terlebih dahulu pada menit ke-12 setelah memanfaatkan skema serangan balik melalui gol Davide Frattesi setelah menerima umpan Mattia Zaccagni dan skor berubah menjadi 1-0.

Raspadori kembali memberikan ancaman ke gawang Ukraina, namun tendangan voli yang ia lepaskan kembali menyamping dari gawang Ukraina yang dijaga kiper Georgiy Bushchan.

Skuad asuhan Luciano Spalletti sukses menambah keunggulan pada menit ke-29 berkat gol kedua Frattesi melalui tendangan kaki kanannya dan mengubah skor menjadi 2-0.

Ukraina berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 2-1 pada menit ke-41 setelah bola rebound tendangan Artem Dovbyk dapat disambar Andriy Yarmolenko yang membobol gawang Italia. Skor tersebut bertahan hingga babak pertama usai.

Selanjutnya pada babak kedua, Ukraina berusaha untuk mencari gol penyeimbang, salah satunya melalui tendangan Dovbyk yang masih belum menemui sasaran.

Italia tidak tinggal diam dan berusaha untuk menambah keunggulannya dan Zaccagni hampir melakukan itu andai tendangannya tidak melebar dari gawang Ukraina.

Raspadori kembali memiliki peluang untuk membawa Italia menambah keunggulan, akan tetapi tendangannya masih dapat diamankan kiper Bushchan.

Pada sisa waktu babak kedua, Italia mendominasi serangan, namun tidak ada gol tambahan yang bersarang ke gawang Ukraina sehingga skor 2-1 bertahan hingga peluit panjang berbunyi.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Italia amankan kemenangan tipis atas Ukraina 2-1