Dinas Kesehatan Pasaman Barat siap layani pemudik selama libur Lebaran

id pelayanan kesehatan, dinkes pasbar

Petugas kesehatan bahu-membahu dengan petugas lainnya di posko pengamanan bundaran Simpang Empat, Minggu (2/6). (Antara Sumbar/Altas Maulana)

Simpang Ampek (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) siap memberikan pelayanan kesehatan kepada pemudik selama arus mudik dan libur Lebaran 2019.

"Setiap posko bersama yang didirikan petugas kesehatan disiagakan termasuk mobil ambulans," kata Kepala Dinas Kesehatan Pasaman Barat, Haryunidra di Simpang Empat, Minggu.

Menurutnya petugas kesehatan itu disiagakan sejak 30 Mei sampai 12 Juni nanti.

"Di posko utama Simpang Empat, kita membuat sistem piket bagi puskesmas terdekat dengan petugas medis, para medis, supir dan ambulans," katanya.

Sedangkan di Kecamatan lain juga disiagakan petugas medis, ambulansdan peralatan medis.

Ia menyebutkan secara umum sekitar 20 puskesmas untuk 24 jam dibuka untuk pelayanan selama Idul Fitri 1440 Hijriah.

Menurutnya 20 Puskesmas yang disediakan tersebar di 11 kecamatan yang ada.

Pihaknya juga menyiapkan mobil ambulans di puskesmas dan di posko pengamanan dan posko pelayanan yang didirikan oleh Polres Pasaman Barat.

"Adanya ambulans sebagai antisipasi bagi masyarakat yang membutuhkan pertolongan cepat dan darurat. Intinya kita siap memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat," ujarnya.

Ia menambahkan kesiapsiagaan puskesmas itu dilakukan untuk mewaspadai jika terjadi kasus kecelakaan lalu lintas selama arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah.

Pihaknya juga menyediakan tenaga medis pada pos pelayanan di sarana objek wisata seperti di Pantai Sasak dan Pantai Air Bangis.

Pewarta :
Editor: Ikhwan Wahyudi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar