Ponpes Darul Yapa Pasaman gelar perpisahan santri ke-47

id Ponpes

Ponpes Darul Yapa Pasaman gelar perpisahan santri ke-47

Pimpinan dan majelis guru Ponpes Darul Ulum Yapa Kombang Baru Tapus, poto bersama setelah pelaksanaan perpisahan. (Ist)

Lubuksikaping (ANTARA) - Akhiri tahun ajaran 2018-2019, Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ulum Yapa Kombang Baru Tapus, Nagari Padanggelugur, Kecamatan Padanggelugur, Kabupaten Pasaman, gelar penamatan dan perpisahan bagi santri dan santriwati, Sabtu (20/4).

Acara perpisahan ini diikuti oleh santri dan santriwati tingkat Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) hingga Madrasah Aliyah (MA) dengan jumlah santri sebanyak 180 orang santri.

Juga dihadiri pimpinan Ponpes Darul Ulum, Ahmad Nawawi, Camat Padanggelugur, Dedi, Walinagari Padanggelugur, Sahar, para majelis guru, unsur Muspika serta para orang tua siswa.

Pimpinan Ponpes Darul Ulum Yapa Kombang Baru, Ahmad Nawawi mengatakan, kualitas pendidikan di Ponpes itu sudah sangat baik. Capaian mutu pendidikannya pun, kata dia, tidak kalah dengan pesantren lainnya.

"Apalagi di tahun ini, Ponpes Darul Ulum sudah memiliki kecakapan hidup, pelatihan komputer. Ini satu-satunya di Sumatera Barat yang mendapatkan bantuan BLK komunitas dari pemerintah pusat senilai Rp1 miliar," katanya.

Dikatakan, penamatan tahun ini merupakan hajatan ke-47 sejak Ponpes itu menerima santri untuk tingkat Ibtidaiyah kali pertama pada tahun 1965. MTs 1968 dan MA sejak 1982. Sementara jumlah alumni di Ponpes itu sudah mencapai 7.000 santri.

"Kami berharap para santri lulusan Ponpes ini dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi lagi. apa yang telah didapatkan di ponpes ini dijadikan bekal untuk menjadi manusia-manusia yang rahmatan lil alamin. Asah terus dengan belajar, sehingga dapat berguna bagi agama, bangsa dan negara," katanya.

Pesantren, kata dia, sebagai lembaga pendidikan kini terus berbenah agar menjadi pilihan utama bagi orang tua untuk menyekolahkan anak-anaknya. Khususnya di Ponpes itu. Santri dan alumni dibekali keterampilan IT.

"Pesantren, selain mengajarkan ilmu agama yang berorientasi pada nilai-nilai spiritual dan nilai intelektual, juga mengadopsi perkembangan informasi teknologi yang semakin canggih," ujarnya.

Tenaga pengajar di Ponpes itu sudah berpengalaman. Dengan latar pendidikan sarjana. Ponpes Darul Ulum itu, kini sudah mengantongi akreditasi B dari Kementerian Agama (Kemenag).

"Jadi, Bapak/Ibu jangan ragu lagi. Segera daftarkan anaknya di Ponpes kami. Biaya pendaftaran gratis. Untuk 20 pendaftar pertama, gratis satu setel seragam sekolah. Pendaftaran dimulai, 6 Mei sampai 13 Juli 2019. " katanya.