Disdik: seluruh SMP di Padang selenggarakan ujian nasional berbasis komputer

id UNBK SMP

Disdik: seluruh SMP di Padang selenggarakan ujian nasional berbasis komputer

Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang Barlius (kanan). (Antara Sumbar/Humas)

Padang, (ANTARA) - Seluruh SMP di Kota Padang telah menyelenggarakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) pada tahun ini berdasarkan data yang dihimpun dari Dinas Pendidikan Kota Padang.

"Untuk SMP yang berada di bawah koordinasi Dinas Pendidikan pada tahun ini yang menyelenggarakan UNBK meningkat jadi 100 persen dengan jumlah 55 sekolah. Sementara sisanya dari MTsN yang ada di kota Padang sebanyak 18 sekolah," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Barlius di Padang, Rabu,

Ia menyebutkan jika digabung dengan MTsN, maka jumlah sekolah penyelenggara UNBK tahun ini mencapai 73 sekolah dengan peserta didik mencapai 11.156 pelajar.

UNBK akan dilaksanakan pada tanggal 22 sampai 25 April 2019. UNBK merupakan ujian memakai sistem komputer sehingga dapat meminimalkan potensi kecurangan .

Semua soal-soal yang diuji pada saat UNBK rahasia dan terjaga. Masing masing siswa mendapatkan soal yang berbeda, kata dia.

"Bahkan soal diacak dan dilakukan pada saat siswa mulai duduk di bangku ujian sehingga kesempatan untuk mencontek atau mencari kunci jawaban amat tipis," kata dia.

Sejalan dengan UNBK, pada saat yang bersamaan juga akan diselenggarakan. Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).

UNKP dilaksanakan pada 22 April sampai 25 April 2019 yang digelar di 13 SMP Negeri dan 28 SMP swasta.

Barlius mengimbau semua siswa yang akan mengikuti UNBK dan UNKP agar belajar maksimal di rumah masing-masing sehingga nilai yang didapatkan lebih bagus.

"Kami menghimbau pada semua siswa yang akan mengikuti UNBK dan UNKP agar mempersiapkan diri sebaik mungkin menghadapinya, yang paling utama adalah kejujuran," ujar dia. (*)