6.172 pelajar SMP di Pesisir Selatan akan ikuti UNBK

id Dinas Pendidikan Pesisir Selatan

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pesisir Selatan. (Antara Sumbar/Didi Someldi Putra)

Painan, (ANTARA) - Sebanyak 6.172 pelajar SMP di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada 22-25 April 2019.

"Pelajar tersebut merupakan pelajar di 56 SMP di Pesisir Selatan dari 75 SMP yang ada, sementara sisanya sebanyak 19 SMP lagi pelajarnya melaksanakan ujian berbasis pena dan pensil," kata Kepala Bidang Pembinaan SMP, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat, Eli Darti di Painan, Senin.

Hanya saja, lanjutnya, jumlah pelajar yang akan melaksanakan UNBK akan bertambah karena ada dua sekolah lagi yang belum melapor.

Ia menyebutkan, sejauh ini sekolah di daerah setempat telah melakukan berbagai persiapan sebelum melaksanakan UNBK, seperti simulasi UNBK.

Berikutnya, pihaknya juga telah menurunkan tim khusus untuk membantu beberapa sekolah yang belum paham mengenai pelaksanaan UNBK.

"Kami juga telah menyurati PT PLN dan jugaPT Telekomunikasi Indonesia agar tidak ada kendala selama pelaksanaan UNBK," sebut dia.

Ia menambahkan, secara keseluruhan hanya 17 SMP di daerah setempat yang melaksanakan UNBK secara mandiri.

SMP tersebut tersebar di beberapa kecamatan yakni Silaut empat sekolah, IV Jurai tiga sekolah, Air Pura dua sekolah, Koto XI Tarusan dua sekolah, Lengayang dua sekolah.

Berikutnya, Bayang satu sekolah, Pancung Soal satu sekolah, Linggo Sari Baganti satu sekolah dan Basa IV Balai Tapan satu sekolah.

Sementara yang lain melaksanakan UNBK dengan cara bergabung dengan sekolah terdekat, hal itu dilakukan antara SMP dengan SMA sederajat karena UNBK tidak dilaksanakan bersamaan. (*)
Pewarta :
Editor: Mukhlisun
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar