Bupati Sijunjung meluncurkan sistem aplikasi SAKIP

id Aplikasi

Kepala Dinas Kominfo Sijunjung Rizal Efendi (ist)

Muaro (ANTARA) - Bupati Sijunjung meluncurkan meluncurkan sistem aplikasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (e-SAKIP) yang merupakan aplikasi terintegrasi sebagai komitmen pemerintah daerah untuk menuju penyelenggaraan pemerintah yang transparan dan akuntabel.

Kegiatan itu berlangsung sebelum Bupati Sijunjung Yuswir Arifin pelantikan 209 Aparatur Sipil Negara (ASN) pejabat eselon II, III dan IV, di Gedung Pancasila Muaro, Jumat.

E-SAKIP merupakan sistem integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja, yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan.

Sebelum pelaunchingan E-SAKIP tersebut, Kepala Dinas Infokom Sijunjung, Rizal Effendi, menyebutkan bahwa pembangunan aplikasi E-SAKIP merupakan komitment Pemda dalam penguatan SAKIP menuju BB.

"Aplikasi SAKIP dibangun pada sebuah sistem informasi manajemen integrasi daerah (siminda.sijunjung.go.id), merupakan sebuah portal berisikan berbagai macam data informasi dan aplikasi milik Pemkab Sijunjung yang saling terintegrasi satu sama lainnya sehingga memberikan kemudahan, ketepatan dan keakuratan dalam penggunaannya," kata Rizal.

Jadi, siminda.sijunjung.go.id menjadi solusi yang efektif dan efisien dalam menjalankan sistem pemerintahan yang akuntabel dan transparan.

"Itu semua karena mampu menjadi jembatan bagi setiap proses pemerintahan dengan satu data dasar. Pada awalnya, portal ini dibangun dengan aplikasi SPPD online dan sampai saat ini, terus dilakukan pengembangan beberapa aplikasi, yakni E-Planning, Simpeg, Absensi Online, SisuperDana, siMERP, ROPK, E-TPP dan termasuk pembangunan aplikasi saat ini," jelasnya.

Tim SAKIP Jaya telah melakukan beberapa tahapan dalam upaya membangun aplikasi SAKIP mulai dari perumusan singkronisasi dokumen SAKIP, kunjungan ke Kota Payakumbuh hingga melakukan coaching klinik keselarasan dokumen SAKIP OPD, tambahnya.

Dengan dibangunnya aplikasi tersebut mampu memberikan manfaat, diantaranya mengefektifkan penggunaan anggaran, memperketat pengawasan, lebih obyektif pada outcome kinerja serta sistem otomatisasi digital yang melaraskan perencanaan, anggaran dan kinerja,jelas Rizal.

Tak hanya itu, manfaat lain mengolah data penting tentang pembangunan serta meminimalisir prigyram/kegiatan yang non relevan.

"Kabupaten Sijunjung patut berbangga, bahwasanya pembangunan aplikasi yang telah ada ini murni dibangun Tim IT Dinas Komunikasi dan Informatika dan bukan replika. Bersama kita kuat, bersama kita bisa, SAKIP Jaya, Sijunjung Jaya," tutup Rizal.

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar