437.360 kilogram rastra Pesisir Selatan segera didistribusikan

id rastra

437.360 kilogram rastra Pesisir Selatan segera didistribusikan

Beras sejahtera (Rastra). (ANTARA FOTO)

Painan, (Antaranews Sumbar) - Sebanyak 437.360 kilogram beras sejahtera atau rastra segera didistribusikan ke 21.868 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

"Sesuai rencana pendistribusian dilaksanakan pada pekan kedua Februari 2019, yang dibagikan adalah kuota Januari dan Februari sehingga masing-masing KPM akan menerima 20 kilogram," kata Kepala Dinas Sosial Pesisir Selatan, Emirda Ziswati di Painan, Rabu.

Ia menjelaskan dalam pendistribusiannya Badan Urusan Logistik (Bulog) akan menyalurkannya ke 145 titik distribusi.

Dari titik itu selanjutnya petugas yang ada di nagari (desa adat) akan menjemputnya dan selanjutnya menyerahkan ke KPM.

"Sejak awal kami telah meminta Bulog untuk menyalurkan rastra ke 182 titik sehingga sesuai dengan jumlah nagari, namun karena beberapa hal permintaan kami tidak dipenuhi," ujarnya.

Hal itu terjadi karena beberapa hal mulai dari medan yang sulit, hingga sedikitnya rastra yang diantar sementara waktu tempuh cukup lama.

Kendati demikian pihaknya memastikan rastra yang diterima KPM tetap gratis, karena biaya penjemputan ke titik distribusi dianggarkan melalui dana nagari.

"Hingga saat ini kami belum menerima laporan mengenai adanya KPM yang dibebankan biaya ketika menerima rastra, dan hal ini akan terus menjadi perhatian," katanya lagi.

Selain pungutan ke KPM, pihaknya juga terus membuka diri menerima laporan mengenai kualitas rastra, apakah layak atau tidak.

Pada 2017 tiap KPM mendapatkan 15 kilogram rastra dengan biaya tebus Rp1.600 per kilogram, namun sejak awal 2018 hingga sekarang menjadi 10 kilogram per KPM namun digratiskan. (*)