Gedung pusat embarkasi haji Padang dibangun di Parupuk Tabing

id embarkasi haji,padang

Gedung pusat embarkasi haji Padang dibangun di Parupuk Tabing

Wali Kota Padang Mahyeldi menerima Kepala UPT Asrama Haji Padang Ali Amran di Padang, Jumat (18/1) (Antara Sumbar/humas)

Padang, (Antaranews Sumbar) - Kota Padang bakal memiliki gedung pusat embarkasi haji sebagai bagian dari rencana pengembangan pembangunan gedung baru pusat embarkasi haji di lingkungan Asrama Haji Parupuk Tabing, Kecamatan Kota Tangah.

"Sesuai keputusan dari Kementerian Agama bangunan yang dibangun setara hotel bintang tiga," kata Wali Kota Padang Mahyeldi di Padang, Jumat saat menerima kedatangan Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Asrama Haji Kota Padang, Ali Amran.

Menurut dia dibangunnya pusat embarkasi haji di kawasan Asrama Haji Parupuk Tabing erat kaitannya mempererat hubungan dengan pemerintah Arab Saudi

"Apalagi Pemerintah Kota Padang telah menjalin kerja sama kota kembar dengan Madinah," kata dia.

Menurut wali kota dibangunnya gedung pusat embarkasi haji di Kota Padang diharapkan memberikan pencerahan dan peningkatan pelayanan ibadah haji.

Sementara Kepala UPT Asrama Haji Kota Padang Ali Amran mengatakan sejak Maret 2015 Asrama Haji Kota Padang sudah menjadi UPT yang langsung dibawah naungan Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag RI.

" Untuk di Sumatera, ada tiga UPT yakni Padang, Aceh dan Medan yang pembangunannya memakai konsep hotel untuk memberikan kenyamanan bagi jamaah haji," ujar dia

Ia menyampaikan untuk penambahan lokasi asrama haji perlu dilakukan revitalisasi pengembangan asrama haji dan Pemerintah Kota Padang telah bersedia memberikan aset berupa tanah yang ada disekitar komplek asrama haji, guna untuk membangun gedung pusat embarkasi haji.

Dengan dibangunnya pusat embarkasi haji diyakini akan menjadi pendapatan negara bukan pajak. Sehingga asrama haji bisa menghidupkan diri sendiri dan tidak menjadi beban dan tanggungan terhadap anggaran negara Kemudian bisa menyumbang untuk pendapatan negara, katanya.

Ia mengatakan untuk Embarkasi jamaah haji dibangun setara dengan hotel berbintang tiga dapat menampung 850 orang terdiri atas 75 kamar dengan kapasitas 3 orang per kamar.

Kemudian pada 2018 dibangun 35 kamar baru dan akan dibangun kapasitas yang lebih besar untuk menampung 1.500 orang

Pusat embarkasi haji juga akan menguntungkan terhaddap ekonomi masyarakat di sekitar karena pada saat musim haji ramai pengunjung dari berbagai provinsi, kata dia menambahkan. (*)