Padang Panjang kenalkan penggunaan tandatangan digital

id Tanda tangan digital

Sosialisasi tandatangan digital bagi perangkat daerah di Padang Panjang. (Antara Sumbar/ Diskominfo Padang Panjang)

Padang Panjang (Antaranews Sumbar) - Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat, mengenalkan penggunaan tandatangan digital kepada perangkat daerah setempat, Jumat.

Wali Kota setempat, Fadly Amran di Padang Panjang, Jumat, mengatakan tandatangan digital merupakan inovasi yang ditawarkan Dinas Komunikasi dan Informatika Sumbar bagi Padang Panjang untuk mendukung kelancaran pelaksanaan program di daerah.

"Padang Panjang ditawarkan inovasi ini oleh Diskominfo Padang Panjang, saya yakin akan memudahkan dan melancarkan pelaksanaan program terutama dalam administrasi," katanya.

Menurutnya seiring perkembangan teknologi, inovasi yang ditawarkan oleh pemangku kepentingan yang lebih tinggi menjadi kewajiban baru bagi daerah untuk mengikuti agar tidak mengalami ketertinggalan dan layanan bagi masyarakat berjalan lebih baik.

"Biasanya jika mengajukan Telaah Staf (TS) atau semacam keperluan surat menyurat yang ditandatangani, tidak perlu lagi dicetak karena sudah ada aplikasi untuk menyimpan data tersebut", terang Fadly.

Kepala Diskominfo Padang Panjang Marwilis menambahkan pengenalan penggunaan tandatangan digital juga sekaligus menyosialisasikan langkah pengamanan dan keselamatan data serta informasi dalam setiap transaksi yang dilakukan pemerintah daerah.

"Perangkat daerah perlu mengetahui pentingnya keamanan informasi dan mengenal konsep keamanan informasi. Dalam teknologi informasi keamanan adalah yang paling vital," ujarnya.

Melalui kegiatan tersebut ia berharap akan muncul kesadaran bersama bahwa menjaga data itu penting baik data pribadi maupun data kelompok atau organisasi. (*)

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar