Bursa kerja Sawahlunto buka 1.189 lowongan

id Bursa Kerja Sawahlunto,Sawahlunto Job Fair,Deri Asta

Sawahlunto Job Fair. (ANTARA SUMBAR/Taufan Razzak)

Sawahlunto, (Antaranews Sumbar) - Wali Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, Deri Asta mengatakan bursa kerja yang dilaksanakan selama dua hari, 12 hingga 13 Desember, membuka 1.189 lowongan kerja dari 30 perusahaan yang ikut.

"Saat ini Sawahlunto Job Fair mengakomodasi 1.189 lowongan pekerjaan, sementara tingkat penganguran di Sawahlunto hampir 1800," ujarnya di Sawahlunto, Rabu,

Deri Asta menyatakan Pemerintah Kota Sawahlunto hanya sebagai penghubung/perantara antara peruhahaan penerima kerja dan pencari kerja di Sawahlunto.

Menurut Wali Kota tingkat penganguran di Sawahlonto termasuk tinggi dari kota yang ada di Sumatera Barat, dengan adanya Sawahlunto Job Fair ini semoga para pencari kerja di daerah itu berkurang .

"Jika perusahan yang menampung penganguran yang berjumlah 1.189 ini, maka selesailah masalah tenaga kerja yang ada di Kota Sawahlunto," ujarnya.

Perusahan yang mengikuti bursa kerja yang baru pertama digelar di Sawahlunto itu berasal dari Kota Batam dan Jawa Timur dan selebinya dari Sumatera Barat.

Bursa Kerja di Sawahlunto berlangsung selama dua hari, 12 hingga 13 Desember 2018, yang didakan di gedung Gedung Pusat Kebudayaan Kota Sawahlunto.

Kepala dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Dwi Darmawati mengatakan data DPMPTSPTK pada Februari lalu terdapat 1.606 pengangguran di Sawahlunto dari berbagai latar pendidikan dalam rentang usia 15 hingga 64 tahun.

"Itu belum termasuk lulusan baru hingga Desember ini," ujar Dwi Darmawati.

Bagi Para pencari kerja yang belum memiliki Kartu AK 1 , DPMPTSP-NAKER Kota Sawahlunto sudah menyedian tempat pengurusan kartu AK 1 dan tidak dikenakan biaya atau gratis untuk mempermudah pencari kerja yang belum sempat mengurusnya. (*)
Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar