Kuda Pionir raih juara pertama pacu kuda Bank Nagari Sawahlunto Derby 2018

id pacu kuda

Kuda Pionir raih juara pertama pacu kuda Bank Nagari Sawahlunto Derby 2018

Pacu kuda pada even Bank Nagari Sawahlunto Derby 2018 di Sawahlunto. (Antara Sumbar/Taufan Razak)

Sawahlunto, (Antaranews Sumbar) - Kuda Pioner milik Wali Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, Deri Asta meraih peringkat pertama kejuaraan nasional pacu kuda Bank Nagari Sawahlunto Derby yang digelar di Gelanggang Pacu Kuda Kandih, Minggu (2/11).

Kuda Pionir dengan joki Ridwan itu mengungguli 11 kuda lainnya pada kelas utama race ke-12 dengan jarak 1.500 meter membukukan waktu tercepat dengan 01:41:59 detik.

Sementara pada posisi kedua diraih Kuda Cahaya Dupont milik H Syafrizal dari Kota Payakumbuh dengan Joki Arifin yang mencatat waktu 01:42:10 detik.

Sementara di posisi ketiga diraih Kuda Ababil Lancang Kuning dari Riau.

Di awal start Kuda Pioner berada di posisi kelima, sedangkan di posisi pertama setengah putaran kuda bernama Super Hero Kandi milik Hj. Vanda Siska Lucia Harahap berlari kencang.

Setelah tinggal seperempat putaran kuda bernama Pioner Sawahlunto bersama jokinya Ridwan langsung megejar dan menempati posisi pertama hingga finis.

Hal serupa juga terjadi pada hari yang sama kuda Phoca Hontas milik Wakil Wali Kota Sawahlunto H Zohirin Sayuti dengan joki Ridwan memperoleh juara pertama pada kelas 3 tahun AB jarak 1.400 meter.

Even Bank Nagari Sawahlunto Derby 2018 ini diikuti sejumlah provinsi seperti Riau, Aceh, Kepri, Tapanuli Utara, Jambi. Dibuka secara resmi Wali Kota Sawahlunto Deri Asta dihadiri jajaran pengurus Pordasi Sumbar, dan Ketua DPRD Sawahlunto.

Kemenangan yang diraih Kuda Pionir dan Phoca Hontas merupakan kado untuk Kota Sawahlunto yang merayakan hari jadi ke 130. (*)