Rumah Gadang Panjang sabet penghargaan API 2018

id Rumah Gadang Panjang Abai,Rumah Gadang Panjang,Anugerah Pesona Indonesia 2018,Situs Sejarah Terpopuler

Rumah Gadang Panjang sabet penghargaan API 2018

Rumah Gadang Panjang di Abai Kabupaten Solok Selatan.c/)

Awalnya tentu adalah perbaikan karena rumah gadang ini kurang terawat. Kami dari pemerintah berusaha membantu perbaikannya
Padang, (Antaranews Sumbar) - Rumah Gadang Panjang yang berada di Nagari Abai, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, meraih juara satu Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018 pada kategori Situs Sejarah Terpopuler.

"Setelah tahun lalu Kawasan Saribu Rumah Gadang di Koto Baru menjadi Kampung Adat Terpopuler, tahun ini Solok Selatan kembali meraih prestasi terbaik dalam ajang API yakni Situs Sejarah Terpopuler dengan objek Rumah Gadang Panjang," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Solok Selatan Harry Trisna saat dihubungi dari Padang, Jumat.

Dalam ajang pemilihan berdasarkan polling terbanyak ini, Rumah Gadang Panjang mampu meraih sebanyak 63,3 persen, kemudian disusul oleh Patung Mejan dari Kabupaten Pakpak Bharat dan Gua Liangkabori Kabupaten Muna.

Penghargaan diterima langsung kepada Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria di Hotel Grand Sahid Jakarta Kamis (22/11) malam.

Dengan diterimanya penghargaan ini, Harry rumah gadang dengan 21 ruang telah menjadi ikon wisata baru Solok Selatan sehingga harus dikembalikan menjadi destinasi wisata.

"Awalnya tentu adalah perbaikan karena rumah gadang ini kurang terawat. Kami dari pemerintah berusaha membantu perbaikannya," ujarnya.

Dalam waktu dekat, imbuhnya dirinya akan meminta izin kepada kaum pemilik rumah gadang tersebut untuk menjadikan sebagai cagar budaya.

"Dengan menjadi cagar budaya, pemerintah lebih mudah dalam mengalokasikan anggaran untuk pengembangan rumah gadang tersebut," sebutnya.

Dirinya, imbuhnya juga mendorong kepada pemerintah nagari untuk bisa mengalokasikan anggaran melalui dana desa untuk mengembangkan Rumah Gadang Panjang sebagai obyek wisata.
Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria (empat kiri) penunjukan piala Anugerah Pesona Indonesia (API) 2018 pada kategori Situs Sejarah Terpopuler dengan obyek Rumah Gadang Panjang di Jakarta, Kamis (22/11) (Dok. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Solok Selatan)


Obyek wisata yang telah menjadi ikon, sebutnya akan diutamakan untuk dikunjungi wisatawan, seperti Kawasan Saribu Rumah Gadang, Perkebunan Teh, Gua Batu Kapal dan Rumah Gadang Gadang.

Namun, mengingat jarak Bandara Internasional Minangkabau (BIM) atau Kota Padang ke Solok Selatan cukup jauh, memakan waktu hingga empat jam perjalanan darat, sehingga dibutuhkan tempat istirahat bagi pengunjung.

"Kami usulkan rest area dibuat di Hulu Suliti dan meminta Dinas PU untuk bisa membuka akses jalannya sebelum kami arahkan mengunjungi obyek wisata," ujarnya.

Sementara Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Solok Selatan Yolni Hendra mendorong kaum, pihak pemerintah nagari dan camat, bisa bergotong royong untuk melakukan perbaiki rumah gadang tersebut sebelum adanya kucuran bantuan dari pemerintah.

Perbaikan juga bisa melalui dana desa atau Corperate Social Responsibility (CSR) perusahaan perkebunan yang berada di Kecamatan Sangir Batanghari.

"Jangan nanti ada kampanye negatif karena kondisi rumah gadang kurang terawat," ujarnya.

Masyarakat setempat, imbuhnya juga harus berinisiatif membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dalam mengembangkan Rumah Gadang Panjang sebagai destinasi wisata.

"Kami setiap tahun memiliki program pelatihan sumberdaya manusia Pokdarwis, nanti kami arahkan ke sana," ujarnya. (*)