Jorong Gando Iniasiasi Pelatihan Mekanik secara Swadaya

id Pelatihan

Kegiatan pemberdayaan masyarakat Piobang yang dilakukan secara swadaya oleh warga setempat. (ANTARA SUMBAR/Syafri Ario)

Limapuluh Kota, (Antaranews Sumbar) - Puluhan pemuda di Jorong Gando, Nagari Piobang, Kecamatan Payakumbuh menginisiasi pelatihan mekanik elektronik untuk mengantisipasi pengangguran warga setempat.

"Kedatangan pemuda yang berjumlah sekita 30 orang itu, bukan untuk melakukan demo masak atau acara PKK ibu-ibu melainkan untuk mengikuti pelatihan mekanik elektronik, yang dibawa pemuda adalah alat-alat elektronik rusak yang akan diperbaiki dalam rangka kegiatan pelatihan,” ujar Alfa Jandri ketua pelaksana, Minggu.

Tampak warga beramai-ramai mendatangi balai adat setempat sambil menjenjeng sejumlah peralatan elektronik yang dimulai pada Sabtu (3/11) pagi mulai dari setrika, kipas angin hingga penanak nasi.

Pemuda Piobang itu mengatakan pelatihan l mekanik elektronik tersebut, merupakan ide dari warga setempat untuk mereka yang belum mendapatkan pekerjaan serta anak-anak baru tamatan sekolah.

“Kegiatan ini murni dari inisiatif warga Piobang untuk mengantisipasi pengangguran kepada pemuda-pemuda setempat. Mereka diberikan bekal ilmu sebagai mekanik. Sehingga nantinya bisa menciptakan pekerjaan baru sebagai mekanik,” ujarnya.

Ia mengatakan terselenggaranya kegiatan itu dibawah wadah Wahana Kreativitas Pemuda Jorong Piobang untuk memajukan kampung halaman secara swadaya sumbangan masyarakat dan bantuan perantau.

“Adanya dukungan perantau serta tokoh-tokoh masyarakat, sehingga kegiatan ini terselenggara. Pelatihan ini, mendatangkan mentor mekanik elektronik profesional. Pelatihan dilakukan selama 2 hari,” ucapnya.

Sementara, tokoh masyarakat setempat sekaligus pencetus kegiatan tersebut, Hikmar mengatakan, pelatihan kepada pemuda itu adalah inisiatif bersama warga Piobang sebagai bentuk kepedulian terhadap kampung halaman.

“Kegiatan ini berawal dari diskusi-diskusi di warung kopi yang prihatin dengan kondisi pemuda di kampung. Dari sana, kami sepakat untuk mengadakan kegiatan untuk melatih pemuda-pemuda supaya bisa trampil. Alhamdulillah, ini juga didukung banyak pihak termasuk perantau,” katanya.

Kedepan, kata Hikmar, warga Piobang akan membentuk yayasan khusus yang bergerak pada kegiatan sosial, pendidikan, kesehatan serta kesejahteraan masyarakat dalam memajukan Piobang. “Kegiatan seperti ini, akan berlanjut kedepannya. Nanti kepada ibu-ibu, orang tua kita adakan kegiatan pemberdayaan masyarakat. Perantau mendukung penuh kegiatan ini,”ucapnya lagi.*

Pewarta :
Editor: Miko Elfisha
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar