Rumah Sakit Polri siapkan posko antemortem korban pesawat Lion Air jatuh

id Pesawat Lion Jatuh,posko antemortem,RS Polri

Rumah Sakit Polri siapkan posko antemortem korban pesawat Lion Air jatuh

Awak kapal Pertamina mengamati serpihan pesawat Lion Air bernomor penerbangan JT-610 rute Jakarta-Pangkalpinang yang jatuh di laut utara Karawang, Jawa Barat, Senin (29/10/2018). ANTARA FOTO/HO-Pertamina/aww.

Jakarta, (Antaranews Sumbar) - Rumah Sakit Polri Raden Said Sukanto Jakarta Timur mempersiapkan posko pengambilan data antemortem (data fisik khas korban sebelum meninggal) korban pesawat Lion Air JT-610.

"Kami sudah siap personel, sarana dan prasarana, kami tunggu korban dibawa kesini. Kami juga sudah siapkan posko antemortem maupun postmortem," kata Kepala Rumah Sakit Polri, Komisaris Besar Polisi Musyafak di Jakarta, Senin.

Musyafak menjelaskan posko antemortem di RS Polri tempatnya di instalasi idrntifikasi korban bencana (Disaster victim investigation/DVI).

"Kami sudah koordinasi dengan pihak Lion untuk disampaikan kepada keluarga korban untuk bisa hadir disini," ujar Musyafak.

Baca juga: TNI-AL kerahkan kapal perang lakukan SAR pesawat Lion Air yang jatuh

Guna menangani musibah tersebut, pihak rumah sakit menurunkan 85 personel ditambah personel kesehatan Pusdokkes Polri dan Polda Metro Jaya sehingga secara total ada sekitar 130 lebih personel yang terdiri dari sembilan dokter ahli forensik, empat ahli DNA dan tenaga lainnya sebagai pendukung untuk pendataan antemortem dan pendukung sarana dan prasarana.

"Bahkan sebagian membantu penanganan di TKP melibatkan kesehatan PMJ, Satkes, Pusdokkes Polri bahkan yang di Cikarang sana dari Polda Jabar," tuturnya.

Sebelumnya, pesawat type B737-8 Max dengan Nomor Penerbangan JT 610 milik operator Lion Air yang terbang dari Bandar Udara Soekarno Hatta Banten menuju Bandar Udara Depati Amir di Pangkal Pinang dilaporkan telah hilang kontak pada 29 Oktober 2018 pada sekitar pukul 06.33 WIB.

Baca juga: Keluarga korban pesawat Lion Air JT 610 menangis histeris mengetahui pesawat jatuh

Pesawat dengan nomor registrasi PK-LQP dilaporkan terakhir tertangkap radar pada koordinat 05 46.15 S-107 07.16 E. Pesawat yang mengangkut 189 penumpang ini berangkat pada pukul 06.10 WIB dan sesuai jadwal akan tiba di Pangkal Pinang pada Pukul 07.10 WIB. Pesawat sempat meminta "return to base" sebelum akhirnya hilang dari radar.

Basarnas memastikan pesawat Lion Air JT 610 jatuh di perairan Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Kemungkinan korban dari pesawat nahas akan dievakuasi ke RS Polri, RSU Karawang dan RSU Bekasi. (*)

Baca juga: Salah seorang pramugari pesawat Lion Air yang jatuh berasal dari Tanah Datar

Baca juga: Jasa Raharja data ahli waris Pesawat Lion Air yang jatuh di Perairan Tanjung Karawang

Baca juga: Ternyata ada tiga polisi di pesawat Lion Air yang jatuh di perairan Tanjung Karawang