60 karateka Sumbar ikuti ujian kenaikan tingkat

id karateka

60 karateka Sumbar ikuti ujian kenaikan tingkat

Ketua Dewan Guru Gojukai Sumbar, Hendrial menyerahkan piagam kepada karateka penghormatan di GOR Rang Agam, Minggu (30/9). (Antara Sumbar/ Yusrizal)

Lubukbasung, (Antaranews Sumbar) - Sebanyak 60 karateka perguruan gojukai Provinsi Sumatera Barat, mengikuti ujian kenaikan tingkat di GOR Rang Agam, Kabupaten Agam, pada 29-30 September 2018.

Ketua Pelaksana Ujian Kenaikan Tingkat, Erizal di Lubukbasung, Minggu, mengatakan, 60 karateka itu berasal dari Agam, Padang dan Padang Panjang. Mereka mengikuti ujian kenaikan tingkat dari sabuk putih ke kuning dan kuning ke hijau.

"Saat ujian kenaikan tingkat, juga ada sebanyak 40 karateka mengikuti latihan bersama," katanya

Panitia memberikan piagam dan ijazah kepada seluruh karateka yang mengikuti ujian naik tingkat.

Panitia juga memberikan piagam kepada karateka terbaik tingkat pra formula dan peserta penghormatan.

Sementara itu, Ketua Dewan Guru Gojukai Sumbar, Hendrial menambahkan ujian kenaikan tingkat itu dilakukan satu kali enam bulan.

Ujian itu diadakan di setiap kabupaten dan kota yang memiliki perguruan gojukai tergantung persiapan dari perguruan tersebut.

"Setelah ini kita akan mengadakan ujian kenaikan tingkat di Padang Panjang," katanya.

Kepada karateka yang telah mengikuti ujian kenaikan tingkat, ia mengimbau untuk mempelajari materi standar internasional.

Dengan cara itu, maka karateka yang mengikuti ujian kenaikan tingkat tersebut bisa mewakili Sumbar tingkat nasional nantinya.

"Ini yang kita harapkan dan karateka harus mempelajari materi tersebut sehingga bisa mengharumkan daerah," katanya.

Saat ini jumlah karateka perguruan gojukai sebanyak 360 orang yang tersebar di Kota Padang, Padang Panjang, Kabupaten Agam, Tanahdatar dan Pesisir Selatan.

Sementara jumlah pelatih sebanyak 33 orang di lima kabupaten dan kota itu.