Cara unik warga Tanah Datar dalam menumbuhkan minat baca

id rumah pohon, literasi, tanah datar, minat baca, pariwisata

Cara unik warga Tanah Datar dalam menumbuhkan minat baca

Pengunjung memilih buku bacaan di Rumah Pohon Literasi yang terletak di Nagari Pagaruyuang Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat (Sumbar), Senin, (16/7). Taman baca yang ada di kawasan rumah pohon tersebut dibuat dengan menggabungkan antara pariwisata dengan literasi. (Antara Sumbar/Syahrul Rahmat/18.)

Batusangkar, (Antaranews Sumbar) - Rumah Pohon Literasi yang berada di Nagari Pagaruyuang Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat (Sumbar) sediakan taman bacaan bagi wisatawan yang datang berkunjung.

Penggagas Rumah Pohon Literasi Pagaruyuang, Yusril di Batusangkar, Senin, mengatakan ide untuk membangun taman bacaan tersebut berawal dari keinginannya untuk memanfaatkan beberapa buku yang tidak begitu termanfaatkan.

"Di tempat saya bekerja terdapat beberapa buku yang tidak begitu termanfaatkan, oleh karenanya saya berupaya untuk membuat taman baca guna memanfaat buku tersebut," katanya.

Ia menyebutkan, taman baca tersebut dibuat dengan menggabungkan antara pariwisata dengan literasi, dengan demikian pengunjung yang datang dapat sekaligus membaca buku-buku yang ada.

Menurut dia, kebiasaan masyarakat yang gemar berwisata menjadi salah satu alasan untuk menggabungkan antara pariwisata dengan literasi.

"Pada umumnya masyarakat gemar berwisata, oleh karena itu saya berfikir untuk menggabungkan keduanya, setidaknya selain berwisata mereka juga dapat membaca buku-buku yang telah tersedia," ujarnya.

Ia menambahkan semenjak dibuka untuk umum pada libur lebaran lalu, dari hari ke hari tingkat kunjungan semakin meningkat.

Pengunjung yang datang rata-rata adalah masyarakat umum, akan tetapi juga ada beberapa guru SD, SMP maupun SMA yang datang membawa siswa mereka untuk berkunjung.

"Saat datang biasanya pengunjung memilih untuk berkeliling lokasi sambil berfoto, setelah itu baru singgah di lapak baca yang telah disediakan," kata dia.

Sebelumnya Kepala Dinas Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tanah Datar, Marwan mengatakan gerakan literasi merupakan gerakan yang harus didukung dan dimasyarakatkan.

"Saat sudah banyak inovasi yang muncul dari masyarakat, salah satunya adalah dengan mendirikan rumah pohon literasi yang menarik pembaca dengan cara yang unik," katanya. (*)