BPBD Padang tangani pohon tumbang yang timpa rumah warga

id Bpbd,Pohon tumbang,Padang,Sumbar

BPBD Padang tangani pohon tumbang yang timpa rumah warga

Personel BPBD Padang menangani pohon tumbang yang menimpa rumah warga di Jalan Hidayah Parak Buruak, RT 001, RW 005, Kelurahan Batipuh Panjang, Koto Tangah, Padang pada Sabtu (4/11) malam. ANTARA/HOBPBDPadang

Padang (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang Sumatra Barat menangani pohon tumbang yang menimpa rumah warga pada Sabtu (4/11) sekitar pukul 23.25 WIB.

"Pohon kedondong tumbang menimpa rumah warga, usai mendapatkan laporan kami langsung mengerahkan petugas ke lokasi," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Padang Al Banna di Padang, Minggu.

Ia mengatakan, pohon tumbang tersebut menimpa rumah milik Herawawi (48) yang berlokasi di Jalan Hidayah Parak Buruak, RT 001, RW 005, Kelurahan Batipuh Panjang, Koto Tangah kota setempat.

Jenis pohon yang tumbang adalah batang kedondong dengan panjang sekitar 25 meter, sedangkan diameter sekitar 65 centimeter.

Akibatnya bagian atap rumah serta satu kamar tidur milik Herawati mengalami kerusakan karena tertimpa batang pohon, beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Al Banna menceritakan hingga Minggu dini hari personel BPBD Padang masih berada di lokasi untuk membantu warga menangani pohon tumbang.

Menurutnya, personel tetap bertahan di lokasi kejadian untuk memotong serta mengevekuasi batang serta dahan pohon dari rumah warga kendati hujan masih terus mengguyur.

"Pengerjaan berlanjut hingga Minggu sekitar pukul 01.00 WIB, karena saat kejadian tersebut hujan masih mengguyur di lokasi setempat," jelasnya.

Ia mengatakan, kejadian pohon tumbang itu dipicu oleh hujan disertai angin kencang yang melanda sejumlah kawasan di kota setempat sejak Sabtu (4/11) malam.

Pada bagian lain, pohon tumbang juga terjadi pada Minggu pagi sekitar pukul 10.00 WIB di Jalan Raya Padang-Indarung, Padang Besi, Kecamatan Luki kota setempat yang menimpa kabel internet dan bahu jalan.