Kopertis X dorong digitalisasi kampus hadapi revolusi industri

id kopertis,revolusi industri

Kopertis X (Antara Sumbar/M R Denya) .

Padang, (Antaranews Sumbar) - Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta (Kopertis) wilayah X mendorong digitalisasi di kampus binaannya guna menghadapi revolusi industri 4.0.

"Digitalisasi ini harus menjadi pertimbangan dalam penentuan kurikulum masing-masing kampus," kata Koordinator Kopertis X Prof Herri di Padang, Rabu.

Salah satu yang didorong yakni penggunaan sistem digital pada pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Untuk pendidikan kata Herri, kampus perlu mengembangkan sistem digital dalam pengajaran, seperti dialog interaktif untuk proses perkuliahan serta penguatan materi yang memanfaatkan sistem dalam jaringan.

Kemudian dalam hal penerapan digitalisasi dalam bidang penelitian yakni dalam hal pembuatan jurnal elektronik dan dialog interaktif pembuatan jurnal.

Saat ini melalui laman daring Kopertis X sudah dapat dilakukan dialog interaktif terkait pembuatan jurnal, selain itu juga melakukan pelatihan jurnal elektronik atau kepustakaan elektronik.

Saat ini kata dia dari 250 kampus yang ada sebagian besar telah memanfaatkan digital dalam administrasi dan penyaluran informasi, namun dalam hal penerapan digitalisasi kampus pada pengajaran masih sedikit.

Prinsipnya semua kegiatan akademik, administrasi hingga sarana prasarana diterapkan sistem digital elektronik dan dalam jaringan.

Untuk ke arah itu kata Herri, pihaknya terus melakukan pengembangan seperti kerja sama dengan Universitas Terbuka dalam hal kuliah jarak jauh berdasarkan dalam jaringan.

Kemudian kerja sama teknologi dengan perguruan tinggi negeri di Indonesia serta kampus dari luar negeri.

Bahkan melalui kunjungan ke luar negeri yang dilakukan Kopertis dan kampus, diinisiasi adopsi teknologi dari mancanegara ke kampus di Indonesia.

Seperti penggunaan teknologi dari Taiwan untuk pengembangan penelitian kesehatan atau pertanian.

Dia menambahkan kunci revolusi industri 4.0 bukan semata pada dunia ekonomi, namun pada sistem digitalisasi yang melingkupi kegiatan ekonomi.

Dengan kuatnya penerapan digitalisasi di kampus akan memudahkan dalam menghadapi revolusi tersebut yang melibatkan seluruh komponen bukan hanya pendidikan tinggi. (*)

Pewarta :
Editor: Joko Nugroho
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar